Alasan PT LIB melarang klub Shopee League 1 2020 naik pesawat

Jakarta

PT Liga Indonesia (LIB) melarang klub Shopee Liga 1 2020 bepergian dengan pesawat terbang. Sebagai gantinya, mereka akan menyediakan dua bus untuk setiap klub.

Shopee Liga 1 akan diadakan non-stop tanpa jeda dalam kompetisi mulai 1 Oktober 2020-28 Februari 2021. Semua klub hanya dapat naik bus selama kompetisi berlangsung.

PT LIB sangat menyadari keluhan klub-klub yang mengaku enggan naik bus untuk bepergian saat pertandingan tandang. Salah satu diantara mereka Persib Bandung yang khawatir perjalanan tim akan memakan banyak waktu.

Keluhan Persib masuk akal. Pertandingan tandang terjauh mereka akan dilawan Persebaya Surabaya yang berkantor pusat di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo. Perjalanan dari Bandung ke Sidoarjo bisa memakan waktu hingga belasan jam.

“Memang ada beberapa klub protes (soal perjalanan jauh naik bus). Pasti puluhan pertandingan butuh waktu lama untuk menempuh perjalanan,” ujar Direktur Utama PT LIB Akhmad Hadian Lukita kepada wartawan.

“Pemulihannya juga harus lebih lama, tapi transportasi darat adalah protokol dan jadwal kesehatan yang paling memadai. Itu yang kami harapkan untuk klub,” tambahnya.

Padahal, PT LIB sudah menjajaki upaya kerja sama dengan maskapai untuk menampung keluhan dari klub. Misalnya, meminta maskapai untuk menyediakan pesawat yang khusus ditujukan untuk perjalanan jauh ke klub Shopee League 1.

Namun pada akhirnya tidak ditindaklanjuti. PT LIB menilai mengandalkan pesawat di tengah pandemi merupakan hal yang sangat berisiko.

“Kami melihat transportasi udara tidak stabil. Karena kalau naik pesawat bisa jadi pesawat untuk kota-kota tertentu malah tidak ada penerbangan, ini akan berpengaruh pada schedule (persaingan),” kata Akhmad Hadian.

Menonton video “Stadion Gelora BJ Habibie siap menjadi kandang PSM Makassar
[Gambas:Video 20detik]
(rin / mentah)

READ  Shin Tae-yong: Lebih baik pemain timnas U-19 Indonesia bermain sampai kehabisan nafas dan pingsan


Written By
More from Hamal Hamid

Siapa yang Bisa Menandingi Liverpool dan City?

Jakarta – Liverpool dan Manchester City begitu dominan di Premier League dalam...
Read More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *