Ambles 30%, 5 Saham Ini Bikin Investor ‘Senam Hati’

Jakarta, CNBC Indonesia – Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) harus dikoreksi dengan buruk dalam perdagangan minggu ini. IHSG harus rela turun di zona merah dengan penurunan 4,26% di level 5.016,71 dampak pemberlakuan kembali PSBB Total oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

IHSG memang sempat anjlok cukup parah, namun ternyata banyak saham yang harus mengalami koreksi lebih parah dari IHSG sebesar puluhan persen. Perhatikan tabel berikut.




Penurunan paling signifikan dicatat oleh PT Asuransi Tugu Pratama Indonesia Tbk (TUGU), salah satu perusahaan sektor keuangan yaitu perusahaan asuransi ini yang terpaksa mengoreksi 30,05% selama sepekan ke level Rp.1.455 / unit.

Diketahui bahwa TUGU memimpin Puncak Merugi setelah saham anjlok levelnya Tolak Otomatis ke Bawah alias ARB selama 5 hari perdagangan berturut-turut.

Meski mengalami penurunan, namun volume perdagangan saham TUGU tidak terlalu besar yaitu di bawah 3.000 lot per hari, bahkan pada Kamis (10/9/20) saham TUGU hanya diperdagangkan sebanyak 197 lot dengan nilai transaksi di bawah Rp. 30 juta.

Di posisi kedua ada saham PT Arkha Jayanti Persada Tbk (ARKA). Emiten alat berat ini telah turun 29,11% selama sepekan terakhir. Saham ARKA sendiri telah turun lebih dari 94% selama tahun berjalan (YTD).

Diketahui, ARKA baru-baru ini melantai di bursa dan baru saja melakukan IPO pada 10 Juli 2019, dengan harga penawaran Rp 236 / unit dan berhasil meraup dana segar Rp 118 miliar.

TIM PENELITI CNBC INDONESIA

[Gambas:Video CNBC]

(trp / trp)


READ  Berlaku PSBB Jakarta, IHSG masih berpotensi menguat
Written By
More from Masud Madani

Permintaan Lambat, TransNusa Airline Menunda Operasi Sementara

TEMPO.CO, Jakarta – perusahaan penerbangan TransNusa menghentikan sementara kegiatan operasionalnya pada 8...
Read More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *