Anda memiliki orbit yang aneh, planet luar angkasa yang sangat panas

Hidup – sebuah planet asing Ditemukan dengan sifat yang sangat aneh. Ini karena benda luar angkasa memiliki suhu yang sangat panas dan orbit yang aneh. Planet ini telah ditemukan sejak 2018 dan dinamakan WASP-189b. Volume benda tersebut 1,6 kali jari-jari Jupiter.

Setelah itu Badan Antariksa Eropa (ESA) menemukan penemuan terbaru tentang WASP-189b. Hasilnya, suhu planet mencapai 3.200 derajat Celcius. Pada suhu ini, besi dapat diubah menjadi gas.

Baca: Wah, planet tempat tinggal alien ini terbuat dari berlian

Semuanya dimulai pada Desember 2019, ketika Badan Antariksa Eropa (ESA) meluncurkan satelit profil planet ekstrasurya, atau CHEOPS, untuk pengamatan ilmiah April lalu. Pengamatan CHEOPS menunjukkan bahwa WASP-189b mengorbit dengan cepat di sekitar bintangnya, yang setara dengan 2,7 hari Bumi.

Ini membuat planet sangat panas sehingga tampak biru. Seorang astrofisikawan dari Universitas Jenewa, Swiss, Monical Lindel, berkata, mengutip kutipan dari KosongSenin 5 Oktober 2020.

Ia menambahkan, pada siang hari planet ini sangat cerah karena jaraknya yang sangat dekat dengan pusat tata surya. Dengan cara ini, menurut Lendl, cahaya yang “hilang” dapat diukur saat WASP-189b melewati bintang.

Lindel mengungkapkan bahwa panas di planet tersebut berasal dari penyerapan cahaya dari pusat tata surya. “Tampaknya planet tidak banyak memantulkan cahaya dari bintangnya. Tapi sebagian besar cahaya bintang diserap oleh planet, ia memanaskannya, dan membuat (planet) lebih terang,” jelasnya.

READ  Radiasi di Bulan 200 kali lebih tinggi daripada di Bumi
Written By
More from Hamal Hamid

Apakah ada lubang hitam yang tersembunyi? Semburan sinar gamma dapat memberikan petunjuk.

Kilatan sinar gamma yang tidak biasa dapat mengungkapkan bahwa ia tampak sangat...
Read More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *