Anggaran 80 persen untuk IKN bersumber dari PPP, investasi: Presiden

Anggaran 80 persen untuk IKN bersumber dari PPP, investasi: Presiden

Ini menunjukkan bahwa kami memprioritaskan untuk menjadikan IKN baru sebagai kota yang ramah lingkungan

Jakarta (ANTARA) – Sekitar 80 persen anggaran pembangunan ibu kota negara (IKN) baru akan berasal dari skema kemitraan publik-swasta (KPS) dan investasi langsung, kata Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Kami memperkirakan anggaran untuk pembangunan kawasan inti pemerintahan yang berisikan istana pemerintahan dan gedung kementerian akan mencapai 20 persen dari total anggaran yang dibutuhkan. Sumbernya dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN),” kata Jokowi di Jakarta, Selasa.

Kepala negara mengatakan, total luas ibu kota negara yang baru akan mencapai 256 ribu hektare. Namun, pembangunan infrastruktur hanya akan dilakukan di lahan seluas 50 ribu hektare.

Sedangkan 200 ribu hektar sisanya akan dipertahankan, karena merupakan hutan hijau.

“Jika ada kawasan hutan yang rusak, kami akan melakukan penghijauan,” tegas Presiden.

Jokowi menyebut pemerintah juga membangun pembibitan tanaman, dengan kapasitas produksi 20 juta bibit per tahun, di ibu kota baru.

Mencermati laporan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar, Presiden mencatat, saat ini pengerjaan pembangunan pembibitan hampir selesai.

“Ini menunjukkan bahwa kita memprioritaskan IKN baru sebagai kota yang ramah lingkungan,” tegasnya.

Lanskap ibu kota baru yang disebut Nusantara di Provinsi Kalimantan Timur ini berbukit-bukit.

Oleh karena itu, Jokowi menegaskan desain pengembangan IKN yang baru akan menyesuaikan dengan kontur alami lahan dan menjaga ekosistem hutan yang ada saat ini.

Lebih lanjut Presiden menegaskan, upaya pemindahan ibu kota negara bertujuan untuk meningkatkan pemerataan akses infrastruktur, manfaat ekonomi, dan keadilan sosial di Indonesia.

Pada 18 Januari 2022, DPR RI telah mengesahkan RUU IKN menjadi undang-undang. Itu ditandatangani oleh Presiden Jokowi pada 15 Februari 2022, menjadi Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2022 tentang IKN.

READ  Bulan purnama biru yang langka akan terjadi malam ini: Okezone techno

Berita Terkait: Pemindahan Ibu Kota Baru Jangan Jadi Polemik: Jokowi
Berita Terkait: Presiden pastikan tidak ada kerusakan hutan dalam pembangunan ibu kota baru
Berita Terkait: PDN di ibu kota negara baru untuk mendorong pemerintahan berbasis sistem digital

We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply

MEDIABOGOR.COM AMAZON, DAS AMAZON-LOGO, AMAZONSUPPLY UND DAS AMAZONSUPPLY-LOGO SIND MARKEN VON AMAZON.COM, INC. ODER SEINE MITGLIEDER. Als AMAZON ASSOCIATE VERDIENEN WIR VERBUNDENE KOMMISSIONEN FÜR FÖRDERBARE KÄUFE. DANKE, AMAZON, DASS SIE UNS UNTERSTÜTZT HABEN, UNSERE WEBSITE-GEBÜHREN ZU ZAHLEN! ALLE PRODUKTBILDER SIND EIGENTUM VON AMAZON.COM UND SEINEN VERKÄUFERN.
Media Bogor