Anwar beri sinyal tegas kejaksaan bebas menjalankan tugas | Ekspres Harian Online

Anwar beri sinyal tegas kejaksaan bebas menjalankan tugas |  Ekspres Harian Online

Anwar memberi isyarat jelas kejaksaan bebas menjalankan tugas

Diterbitkan pada : Minggu, 08 Januari 2023

Ukuran teks:



Datuk Seri Anwar Ibrahim – Foto oleh Wikipedia

Kuala Lumpur: Ketua Mahkamah Agung Malaysia dan lembaga peradilan negara perlu diberi ruang untuk menjalankan tugasnya secara independen dan profesional berdasarkan fakta dan hukum, kata Perdana Menteri Datuk Seri Anwar Ibrahim.Hal ini penting untuk memberikan sinyal yang jelas kepada warga Malaysia bahwa ada pemisahan kekuasaan antara legislatif, eksekutif dan yudikatif dalam menjalankan tugasnya sesuai dengan kapasitasnya masing-masing. Dia mencatat bahwa ada asumsi bahwa peradilan, yang telah lama dipegang sebagai lembaga yang memiliki kedudukan tinggi yang tak terbantahkan dan tidak perlu dipertanyakan, telah dikompromikan oleh dominasi eksekutif.

IKLAN

Menurut Anwar, bahkan Bar Council of Malaysia dan International Commission of Jurists (ICJ) berpandangan ada cacat dan kelemahan dalam peradilan saat ini. “Kami melihat dalam beberapa tahun terakhir, ada perubahan dan penunjukan di lembaga peradilan, tetapi saya tidak mengintervensi satu pun penunjukan. Saya mengikuti proses Komisi Penunjukan Yudisial dan kemudian Ketua Mahkamah Agung akan meneruskan (nama) dan saya akan menerimanya,” katanya dalam wawancara “Narasi Khusus dengan Perdana Menteri” di Radio Televisyen Malaysia (RTM) Jumat malam. Mengenai masalah korupsi dan integritas, Anwar mengatakan dia memberikan kelonggaran kepada Komisi Anti Korupsi Malaysia (MACC) untuk bertindak dan mengusut tuntas, mulai dari eselon atas. “Saya sampaikan kepada aparat penegak hukum agar tegas tidak peduli….(siapa) dan kepada rekan-rekan Kabinet juga, setiap minggu saya sampaikan bahwa saya tidak akan membela mereka jika ada kesalahan atau bukti penyedotan kekayaan negara,” ujarnya.

IKLAN

Berdasarkan kasus di dalam negeri, ia mencatat bahwa ada kentang goreng dan ikan besar yang ditangkap dan dipenjara karena masalah tersebut dan diyakini masih banyak kasus serupa yang terjadi. “….yang bikin saya muak adalah kita punya pengalaman di mana tokoh-tokoh berpengaruh tertangkap tapi belum mendapatkan apa yang pantas mereka dapatkan. Sebut saja berkas penanggulangan banjir, Menara Kuala Lumpur dan program Jana Wibawa, masing-masing kasus ini ada upaya penyedotan kekayaan oleh tokoh-tokoh tersebut. “Jadi, dengan kesempatan yang diberikan, insyaAllah saya akan memastikan tindakan diambil untuk mengajar mereka di masa lalu dan memberikan pelajaran,” katanya. Anwar juga menyampaikan kritik bahwa pendekatan seperti itu sama saja dengan balas dendam politik, dengan menunjukkan bahwa anggapan seperti itu hanya akan ada jika ada pihak yang takut diusut. Dia menambahkan bahwa dia tidak pernah ikut campur dan sebaliknya memberikan instruksi yang jelas kepada MACC bahwa pemerintahannya tidak ingin menutup-nutupi kasus atau bias dalam penyelidikan.
* Ikuti kami di Instagram dan bergabung dengan kami Telegram dan/atau Ada apa saluran untuk berita terbaru yang tidak ingin Anda lewatkan.

READ  Hasil Latihan Bebas III MotoGP San Marino: Yamaha Dominan, Rossi Tercepat

* Apakah Anda memiliki akses ke e-paper Daily Express dan berita eksklusif online? Periksa rencana berlangganan tersedia.

We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply

MEDIABOGOR.COM AMAZON, DAS AMAZON-LOGO, AMAZONSUPPLY UND DAS AMAZONSUPPLY-LOGO SIND MARKEN VON AMAZON.COM, INC. ODER SEINE MITGLIEDER. Als AMAZON ASSOCIATE VERDIENEN WIR VERBUNDENE KOMMISSIONEN FÜR FÖRDERBARE KÄUFE. DANKE, AMAZON, DASS SIE UNS UNTERSTÜTZT HABEN, UNSERE WEBSITE-GEBÜHREN ZU ZAHLEN! ALLE PRODUKTBILDER SIND EIGENTUM VON AMAZON.COM UND SEINEN VERKÄUFERN.
Media Bogor