Apakah Anda ingin menyimpan uang Anda? Perhatikan dulu hal-hal berikut ini

Klarifikasi. Informasi suku bunga simpanan di Bank BNI.

Reporter: Laurensius Marshall Sautlan Sitanggang | editor: Hurlena Kartika Dewey

KONTAN.CO.ID – Jakarta. Bisa dikatakan tabungan dan deposito merupakan salah satu produk perbankan yang paling dikenal oleh kebanyakan orang. Namun kedua produk ini pasti memiliki perbedaan dan manfaatnya masing-masing. Kontan.co.id kali ini akan membahas produk simpanan di bank.

Sekarang salah satu perbedaan yang jelas adalah jumlah suku bunga. Manfaat menyimpan uang ke deposito bisa jauh lebih tinggi daripada menyetor dana ke rekening tabungan.

Berdasarkan data Bank Indonesia, rata-rata suku bunga deposito per (13/11) berada di kisaran terendah 4,99% hingga 9,5% untuk Rupee. Itu tergantung pada durasi, serta jumlah di saldo akun. Bunga ini jauh lebih tinggi dari rata-rata tingkat tabungan yang hanya 1% per bulan.

Berbeda dengan tabungan yang bisa ditarik sewaktu-waktu, produk deposito berjangka memiliki jangka waktu atau jangka waktu deposito yang lebih lama. Mulai dari 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, 12 bulan atau lebih, sesuai kesepakatan antara nasabah dan bank.

Baca juga: Ini bunga deposito akhir pekan, tertinggi di Bukopin

Nah, saat membuka rekening deposito, ada beberapa tips dari para bankir yang harus diperhatikan klien. Manajer Keuangan PT Bank Distribusi dan Ritel Tabungan Negara Tbk (BTN) Yasmin menjelaskan ada empat hal penting yang perlu diketahui nasabah sebelum menyetor uang ke deposito.

Pertama, tentunya reputasi bank harus memenuhi standar kesehatan Bank Indonesia (BI) dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Kedua, perhatikan suku bunga simpanan yang lebih tinggi.

“Taruh simpanan di bank yang memberikan bunga wajar dan sesuai dengan suku bunga penjaminan LPS,” kata Yasmine, Jumat (13/11).

READ  Kijang Innova Facelift baru saja diluncurkan dan sudah didiskon puluhan juta rupee

Perhatikan, saat ini, suku bunga penjaminan LPS di bank umum adalah 5% untuk rupee dan 1,25% untuk mata uang asing. Suku bunga jaminan ini berlaku untuk periode 1 Oktober 2020 hingga 29 Januari 2021.

Ketiga, nasabah juga disarankan menaruh uang di bank dengan fasilitas lengkap.

Beberapa fasilitas yang biasanya diberikan kepada nasabah antara lain deposito oleh bank Penggulungan otomatis Hal ini memudahkan nasabah dalam mengelola uang, jangka waktunya berkisar antara satu bulan hingga 224 bulan serta manfaat lain yang dapat dijadikan jaminan kredit.

Poin keempat, pilih bank yang menawarkan promosi yang baik dan wajar. Tentunya agar klien mendapatkan keuntungan selain keuntungan deposit.

“Untuk menarik nasabah, bank biasanya menawarkan program promosi simpanan khusus,” kata Yasmine.

Sedangkan dari segi teknis, jika Anda berniat membuka deposito secara perorangan, pastikan Anda melengkapinya dengan buku tabungan dan kartu ATM. Tujuannya untuk memudahkan pelanggan dalam melakukan dan melakukan transaksi Uang menganggur (Dana menganggur) dalam deposito.

“Untuk produk simpanan, nasabah akan mendapatkan slip setoran sebagai bukti kepemilikan,” kata Yasmin.

Baca juga: Gubernur bank investasi mengatakan ada ruang untuk menurunkan suku bunga acuan

Senada dengan itu, Ketua Umum PT Bank Mayora Irfanto Oeij juga mengatakan harus selalu memperhatikan penawaran bunga yang proporsional dengan rata-rata pasar.

“Di Mayura Bank kami menawarkan suku bunga mulai dari 5% hingga 5,75% untuk simpanan dalam rupee dan 0,125% hingga 0,75% untuk simpanan dalam valuta asing,” ujarnya.

Lalu ada saran dari Irfanto yang biasanya diabaikan oleh pelanggan. Antara lain, denda dikenakan kepada klien yang menarik uang deposit mereka sebelum jatuh tempo. Misalnya, jika Anda membuka deposit 12 bulan, ini berarti Anda tidak diperbolehkan untuk menarik dana sampai waktu yang ditentukan bersama.

READ  Bersedia menggalang pembiayaan Rp 8,5 triliun, Garuda (GIAA) terbang 5 persen

Setiap bank tentunya memiliki perbedaannya masing-masing dalam hal biaya denda. Namun, biaya denda biasanya berkisar antara 0,5% hingga 3% dari jumlah dasar setoran. Setelah itu pada prinsipnya nasabah simpanan tidak menerima kartu ATM atau buku tabungan. Ini karena dana yang disimpan tidak dapat ditarik setiap saat.

Namun, jika Anda memutuskan untuk tidak menerima buku rekening atau kartu ATM, pastikan Anda menerima nasehat atau pemberitahuan tertulis dari bank sebagai bukti dana disimpan.

Sebagai tambahan informasi, hingga September 2020, Bank Indonesia mencatat total dana simpanan bank sebesar 2708 triliun rupee atau meningkat 7% year-on-year atau Setiap tahun (yoy).

Sedangkan menurut LPS, saat ini terdapat 5,15 juta rekening simpanan di bank. Turun 8,2% tahun lalu.

Donasi, Dapatkan Kupon Gratis!

Dukungan Anda akan meningkatkan semangat kami untuk menyediakan artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai tanda terima kasih atas perhatiannya, ada kupon gratis senilai donasi yang bisa digunakan untuk berbelanja Toko bahagia.


Written By
More from Hamal Hamid

Bagaimana cara menangkap hujan meteor draconid

Gambar: peresanz.dll (Shutterstock) Oktober akan menjadi bulan yang luar biasa untuk acara...
Read More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *