APBN jadi instrumen penanggulangan kemiskinan 2023: menteri

APBN jadi instrumen penanggulangan kemiskinan 2023: menteri

Upaya kami untuk mengidentifikasi masyarakat miskin melalui survei Registrasi Sosial dan Ekonomi (Regosek) akan memastikan bahwa semua instrumen APBN akan jauh lebih fokus pada kelompok miskin.

Jakarta (ANTARA) – Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) akan menjadi instrumen pemerintah untuk menurunkan angka kemiskinan di Indonesia tahun depan, menurut Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.

“Upaya kita untuk mengidentifikasi penduduk miskin melalui survei Pendaftaran Sosial dan Ekonomi (Regsosk) akan memastikan bahwa semua instrumen APBN akan jauh lebih fokus pada kelompok miskin,” katanya di Jakarta, Kamis.

Instrumen APBN akan berperan optimal dalam angka kemiskinan melalui perbaikan data Badan Pusat Statistik (BPS) berdasarkan survei Regosek, katanya.

Menurut dia, perbaikan data tersebut akan membantu pemerintah dalam menyalurkan bantuan sosial, dana desa, dan dana alokasi khusus non fisik kepada masyarakat secara lebih akurat.

Selain itu, upaya penurunan angka kemiskinan juga menjadi tanggung jawab dan target seluruh kementerian, lembaga, dan daerah, kata Menkeu.

Berita Terkait: Kementerian mengatasi kemiskinan ekstrem melalui program potensial

“Jika kita memiliki langkah yang sama, kita berharap bisa menurunkan (angka kemiskinan) jauh lebih sistematis dan akuntabel,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan Febrio Kacaribu mencatat jumlah penduduk miskin ditargetkan mencapai 7,5–8,5 persen dari jumlah penduduk, berdasarkan indikator pembangunan tahun 2023.

Kacaribu optimistis target tersebut akan tercapai jika didukung oleh kebijakan yang kuat, termasuk perlindungan sosial, seperti Program Keluarga Harapan (PHK) dan bantuan sosial.

Namun, komitmen untuk menekan angka kemiskinan bukan jangka pendek tetapi jangka panjang karena pemerintah harus memperkuat ketahanan masyarakat, tambahnya.

“Tentu ini perlu kerja sama dan kolaborasi yang erat dari pemerintah pusat hingga pemerintah daerah,” ujarnya.

READ  Ruang Penyelidikan Suap Formula E KPK Masih Ada Ruang untuk Deklarasi Pilpres Anies Baswedan

Berita Terkait: Peran TKPK Penting dalam Percepatan Penanggulangan Kemiskinan Ekstrem: Kementerian

We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply

MEDIABOGOR.COM AMAZON, DAS AMAZON-LOGO, AMAZONSUPPLY UND DAS AMAZONSUPPLY-LOGO SIND MARKEN VON AMAZON.COM, INC. ODER SEINE MITGLIEDER. Als AMAZON ASSOCIATE VERDIENEN WIR VERBUNDENE KOMMISSIONEN FÜR FÖRDERBARE KÄUFE. DANKE, AMAZON, DASS SIE UNS UNTERSTÜTZT HABEN, UNSERE WEBSITE-GEBÜHREN ZU ZAHLEN! ALLE PRODUKTBILDER SIND EIGENTUM VON AMAZON.COM UND SEINEN VERKÄUFERN.
Media Bogor