Asteroid 2020 TY1 melewati Bumi hari ini

Asteroid 2020 TY1 melewati Bumi hari ini

Nusantaratv.com – Hari ini, Sabtu (7/11/2020), sebuah benda angkasa berupa asteroid 2020 TY1 akan melintas di dekat Bumi.

Menurut astronom Indonesia Marufin Sudibyo, asteroid 2020 TY1 merupakan asteroid yang dekat dengan Bumi di kelas Apollo, karena memiliki orbit yang bisa berpotongan dengan orbit Bumi.

Asteroid ini akan melintas mendekati Bumi dalam jarak 14,7 kali jarak rata-rata antara Bumi dan Bulan, atau 5,6 juta km.

Mengapa asteroid 2020 dinamai TY1?
International Astronomical Society memiliki metodologi untuk mengidentifikasi miniatur benda langit seperti asteroid dan komet, karena banyaknya penemuan yang telah dibuatnya dalam dekade terakhir.

Sementara itu, nama mitos yang ditemukan dalam kebudayaan di Bumi sangatlah terbatas.

Di Umumnya, secara tradisional, nama mitologis digunakan untuk menunjuk benda langit.

Dengan sistem identifikasi ini, para ilmuwan dapat memastikan bahwa asteroid atau komet itu unik dan tidak tertukar dengan asteroid atau komet lain.

“TY1 2020 menunjukkan asteroid itu ditemukan pada 2020, tepatnya pada paruh pertama Oktober 2020 (huruf T),” kata Marovin, Sabtu (11/7/2020).

Pada paruh kedua Oktober antara 1 dan 15, asteroid ini adalah asteroid baru ke-24 yang ditemukan dalam rentang waktu tersebut.

Bisakah asteroid dilihat dengan mata telanjang?

Mirofin menegaskan, fenomena ini tidak bisa dilihat dengan mata telanjang, meski benda tersebut berukuran sangat besar untuk ukuran asteroid.

“Secara visual kita tidak bisa melihatnya. Jadi tidak ada tampilan visual yang bisa dikenali,” ucapnya.

Asteroid 2020 TY1 sendiri memiliki diameter 106 meter.

Objek ini tidak bisa terlihat karena jaraknya 5,6 juta kilometer dari Bumi.

“Jadi sangat redup dengan level cahaya mendekati +18 atau 40 kali lebih lemah dari Pluto,” katanya.

READ  Bisa dilihat dengan mata telanjang, inilah 5 planet terindah di bulan November

Untuk mengamatinya, sebenarnya Anda membutuhkan teleskop dengan cermin obyektif berdiameter besar sekitar 100 cm atau lebih untuk bisa melihatnya di langit yang gelap.

Mengenai fenomena asteroid 2020 TY1 yang melintas di dekat Bumi tidak berpengaruh terhadap Bumi, karena gravitasi asteroid ini sangat kecil. Jadi saya mengutip dari Compass.com.

We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply

MEDIABOGOR.COM AMAZON, DAS AMAZON-LOGO, AMAZONSUPPLY UND DAS AMAZONSUPPLY-LOGO SIND MARKEN VON AMAZON.COM, INC. ODER SEINE MITGLIEDER. Als AMAZON ASSOCIATE VERDIENEN WIR VERBUNDENE KOMMISSIONEN FÜR FÖRDERBARE KÄUFE. DANKE, AMAZON, DASS SIE UNS UNTERSTÜTZT HABEN, UNSERE WEBSITE-GEBÜHREN ZU ZAHLEN! ALLE PRODUKTBILDER SIND EIGENTUM VON AMAZON.COM UND SEINEN VERKÄUFERN.
Media Bogor