Bagaimana karang yang ‘ditemukan secara tidak sengaja’ di Sentosa dapat membantu para ilmuwan memprediksi kenaikan permukaan laut di Singapura

Bagaimana karang yang ‘ditemukan secara tidak sengaja’ di Sentosa dapat membantu para ilmuwan memprediksi kenaikan permukaan laut di Singapura

Sementara mikroatol karang fosil di Sentosa berusia antara 1.000 hingga 3.000 tahun, yang ada di Pulau Lazarus dan Pulau Tekukor jauh lebih tua, sekitar 7.000 tahun, kata Tan.

“Menurut saya yang unik dari karang Sentosa adalah kami memiliki fosil karang yang lebih muda dibandingkan dengan situs lain yang kami temukan di Singapura. Jadi kami dapat mengisi bagian dari periode waktu historis di mana tidak banyak data yang tersedia saat ini,” kata Tan.

Sejauh ini, data dari fosil karang menunjukkan bahwa permukaan laut telah turun sedikit sejak sekitar 3.000 tahun terakhir. Namun, melihat karang hidup – yang berusia sekitar beberapa dekade – menunjukkan kenaikan permukaan laut modern, katanya.

Bagaimana karang dipelajari?

Untuk mempelajari mikroatol yang ditemukan di pulau-pulau ini, seseorang perlu menentukan usia dan ketinggiannya.

Sampel inti kecil dari mikroatoll juga akan dikumpulkan untuk penanggalan radiokarbon – metode yang digunakan untuk menentukan perkiraan usia karang, kata Tan.

Fosil mikroatol karang ditemukan pada elevasi yang lebih tinggi, dibandingkan dengan mikroatol yang masih hidup. Ini berarti permukaan laut sedikit lebih tinggi di masa lalu, kemudian turun seiring waktu, kata Tan.

Mengambil perbedaan ketinggian antara fosil dan karang hidup akan menunjukkan perbedaan permukaan laut dari waktu ke waktu, tambahnya.

READ  Bester Creality Cr-10S Pro 2021: Getestet und qualifiziert

We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply

MEDIABOGOR.COM AMAZON, DAS AMAZON-LOGO, AMAZONSUPPLY UND DAS AMAZONSUPPLY-LOGO SIND MARKEN VON AMAZON.COM, INC. ODER SEINE MITGLIEDER. Als AMAZON ASSOCIATE VERDIENEN WIR VERBUNDENE KOMMISSIONEN FÜR FÖRDERBARE KÄUFE. DANKE, AMAZON, DASS SIE UNS UNTERSTÜTZT HABEN, UNSERE WEBSITE-GEBÜHREN ZU ZAHLEN! ALLE PRODUKTBILDER SIND EIGENTUM VON AMAZON.COM UND SEINEN VERKÄUFERN.
Media Bogor