Bandara Trunojoyo Harus Melayani Rute Jakarta Setelah Idul Fitri: Jokowi

Bandara Trunojoyo Harus Melayani Rute Jakarta Setelah Idul Fitri: Jokowi

Saya mendesak untuk ini karena ini mendekati Idul Fitri. Saya mendesak Kementerian Perhubungan untuk (mengatur atau memfasilitasi) penerbangan dari Surabaya ke Sumenep atau Jakarta ke Sumenep

Jakarta (ANTARA) – Presiden Joko Widodo menegaskan Bandara Trunojoyo yang baru berdiri di Kabupaten Sumened, Jawa Timur, harus segera memfasilitasi layanan penerbangan dari Jakarta untuk melayani masyarakat pada masa mudik Lebaran 2022.

“Ini saya desak karena sudah mendekati lebaran. Saya mendesak Kementerian Perhubungan untuk (mengatur atau memfasilitasi) penerbangan dari Surabaya ke Sumenep atau Jakarta ke Sumenep,” kata presiden saat meresmikan Bandara Trunojoyo, Rabu.

Presiden Jokowi mengatakan Bandara Trunojoyo dibangun untuk memenuhi kebutuhan transportasi masyarakat Madura dan sekitarnya, sehingga pilihan mereka tidak terbatas pada kapal saja.

Saat ini, Bandara Trunojoyo melayani empat rute: Sumenep-Surabaya, Sumenep-Bawen, Sumenep-Pagerungan, dan Sumenep-Banyuwangi.

Berita Terkait: Pemprov optimalkan potensi wisata alam dan budaya Sumenep

Presiden yakin, menjelang Lebaran, perluasan rute penerbangan Jakarta, Surabaya hingga Sumenep bisa bermanfaat bagi banyak orang.

“Makanya kita coba (mengukur) (minatnya), dan lihat apakah penumpangnya banyak atau tidak. Saya kira akan banyak (penumpang), insyaallah akan banyak,” ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Bandara Trunojoyo Sumenep M Arqodri Arman mengatakan penerbangan komersial tetap beroperasi meski dihentikan pada awal pandemi.

Ia berharap Bandara Trunojoyo dengan infrastruktur berupa landasan pacu sepanjang 1.600 meter dan bangunan terminal sepanjang 3.600 meter, dapat memfasilitasi lebih banyak jalur komersial di masa mendatang.

Berita Terkait: Bandara Yogyakarta akan membuka layanan penerbangan internasional pada 29 April

Arman percaya bahwa mereka dapat menggabungkan lebih banyak rute komersial, dengan calon penumpang potensial, dalam layanan mereka sesegera mungkin. Beberapa rute niaga yang sedang mereka pertimbangkan untuk masuk daftar adalah Sumenep-Jakarta, Sumenep-Denpasar, dan Sumenep-Banjarmasin, ungkapnya.

READ  Berita CPI asteroid 2018 dirilis di dekat Bumi pada 2 November 2020

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo mencatat sekitar 85 juta orang mengikuti eksodus Idul Fitri tahun ini. Akan ada 14 juta orang dari wilayah Jabodetabek, tambahnya.

Berita Terkait: Jokowi Resmikan Revitalisasi Bandara untuk Tingkatkan Transportasi Madura

Berita Terkait: Momentum Nuzulul Quran Perkuat Kebersamaan: Presiden

We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply

MEDIABOGOR.COM AMAZON, DAS AMAZON-LOGO, AMAZONSUPPLY UND DAS AMAZONSUPPLY-LOGO SIND MARKEN VON AMAZON.COM, INC. ODER SEINE MITGLIEDER. Als AMAZON ASSOCIATE VERDIENEN WIR VERBUNDENE KOMMISSIONEN FÜR FÖRDERBARE KÄUFE. DANKE, AMAZON, DASS SIE UNS UNTERSTÜTZT HABEN, UNSERE WEBSITE-GEBÜHREN ZU ZAHLEN! ALLE PRODUKTBILDER SIND EIGENTUM VON AMAZON.COM UND SEINEN VERKÄUFERN.
Media Bogor