Begitu mendarat di permukaan bulan, Chang’e 5 dari China langsung mengumpulkan sampel pertama

Begitu mendarat di permukaan bulan, Chang’e 5 dari China langsung mengumpulkan sampel pertama

KONTAN.CO.ID – Beijing. Pesawat luar angkasa tak berawak China berhasil mengumpulkan sampel pertamanya pada hari Rabu setelah mendarat di permukaan bulan, menambah rentetan keberhasilan program luar angkasa Beijing yang semakin ambisius.

Chang’e 5 mendarat tak lama setelah pukul 11 ​​malam pada hari Selasa, setelah turun dari pesawat ruang angkasa, menurut Badan Antariksa Nasional China (CNSA), yang merilis foto-foto tanah tandus di lokasi pendaratan yang menunjukkan bayangan pendarat.

ASOC mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa “Chang’e 5 mengumpulkan sampel dari bulan.” Xinhua Dan kota Channel News Asia. Probe juga berhasil membuka kunci panel surya yang akan memberinya daya.

Misi Chang’e 5, diluncurkan pada 24 November dari Pusat Peluncuran Luar Angkasa Wenchang di Provinsi Hainan, adalah proyek terbaru dalam program luar angkasa China, yang mengirim astronot pertama ke orbit pada tahun 2003, dengan menggunakan pesawat ruang angkasa. Dalam perjalanannya ke Mars, dan akhirnya bertujuan untuk mendaratkan manusia di bulan.

Baca juga: Pesawat ruang angkasa robotik China telah berhasil mendarat di bulan

Pendarat Chang’e 5 dijadwalkan memakan waktu sekitar dua hari untuk menggali permukaan bulan dan mengumpulkan 2 kg batuan dan puing-puing. Langkah misi selanjutnya adalah kembali ke orbit bulan untuk mengangkut sampel ke kapsul dan kembali ke Bumi, dan akan mendarat di padang rumput di China utara pada pertengahan Desember.

Jika berhasil, ini akan menjadi pertama kalinya para ilmuwan memperoleh sampel batuan bulan baru sejak misi Luna 24 di Uni Soviet pada tahun 1976.

Harapannya adalah sampel tersebut akan tersedia bagi para ilmuwan di negara lain, meskipun jangkauan Badan Penerbangan dan Antariksa Nasional (NASA) AS tidak diketahui, mengingat pembatasan ketat yang diberlakukan pemerintah AS pada kerja sama luar angkasa dengan China.

READ  Vaksin melindungi masa depan generasi muda di Indonesia

Dari bebatuan dan puing-puing, para ilmuwan berharap dapat mempelajari lebih lanjut tentang bulan, termasuk usia pastinya, serta menambah pengetahuan tentang benda lain di tata surya kita.

We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply

MEDIABOGOR.COM AMAZON, DAS AMAZON-LOGO, AMAZONSUPPLY UND DAS AMAZONSUPPLY-LOGO SIND MARKEN VON AMAZON.COM, INC. ODER SEINE MITGLIEDER. Als AMAZON ASSOCIATE VERDIENEN WIR VERBUNDENE KOMMISSIONEN FÜR FÖRDERBARE KÄUFE. DANKE, AMAZON, DASS SIE UNS UNTERSTÜTZT HABEN, UNSERE WEBSITE-GEBÜHREN ZU ZAHLEN! ALLE PRODUKTBILDER SIND EIGENTUM VON AMAZON.COM UND SEINEN VERKÄUFERN.
Media Bogor