Bendera Merah Putih Dikirab Dari Kabupaten ke Kota Bogor

mediabogor.com, Bogor – Ratusan orang dari unsur muspida dan elemen masyarakat mengirab bendera merah putih dari Kabupaten Bogor ke Kota Bogor pada Kamis (15/8/19). Aksi ini, dilakukan dalam rangka memeriahkan hari Kemerdekaan RI ke 74, yang dikemas dalam event Festival Merah Putih (FMP) 2019.

Ketua FMP 2019, Awaluddin Sarmidi menyampaikan, jarak yang ditempuh sejauh kurang lebih 17,5 kilometer. Rute yang dilalui peserta kirab yakni star dari lapangan Tegar Beriman, Cibinong, menuju CCM. Lalu bendera dilipat kemudian dibawa dengan kendaraan dari Ruko Gibas sampai Balaikota Bogor sebagai titik finish. Selama kirab, bendera dikawal oleh iring-iringan pelari, TNI-POLRI, serta pasukan Paskibra.

“Kirab ini, di maksudkan sebagai penghormatan kepada sang saka merah putih sekaligus untuk memberi semangat dan memotivasi kita semua agar menambah rasa cinta kepada merah putih,” kata Awaluddin.

Ia menjelaskan, kirab ini, adalah rangkaian dari mengarak bendera merah putih yang akan dilangsungkan pada tanggal 18 Agustus besok. Tahun sebelumnya, bendera itu hanya diangkut dengan kendaraan dari kabupaten ke kota.

“Di tahun ini, sebagai bentuk penghargaan dan rasa hormat kepada merah putih kita buatkan prosesinya. Dan nanti di tanggal 18 bendera merah putih raksasa yang panjangnya 100×5 meter akan di arak dari balaikota dan finish di pusdikzi,” terangnya.

Masih kata Awaluddin, mengarak bendera merah putih raksasa tahun ini, akan berbeda dengan tahun sebelumnya. Di mana, peserta yang ikut semakin banyak. Tak hanya itu, peserta arak-arakan termasuk dari unsur muspida akan menggunakan pakaian adat saat mengarak bendera.

“Ini adalah event tahunan yang sudah memasuki tahun keempat dan menjadi simbol serta bagian dari pemersatu keberagaman di Bogor, khususnya bagi generasi muda. Dengan semangat Merah Putih Satukan Kebhinnekaan Menuju Indonesia Emas mari kita jaga dan rawat kebersamaan dan keberagaman Indonesia,” pungkasnya. (*/d)