Mediabogor.com, Bogor – Modus yang dilakukan Baron (37) ini terbilang “klasik”, ia berpura – pura menjadi pemulung untuk melancarkan aksi pencuriannya, namun Unit Reskrim Polsek Parungpanjang, Bogor, berhasil melumpuhkan Baron dengan timah panas.

Pria paruh baya itu langsung diamankan dirumahnya yang berlokasi RT 02/01, Desa Cirarab, Kecamatan Legok, Kabupaten Tangerang, Rabu (18/10/2017).

Wakapolsek Parungpanjang, AKP Asikin menuturkan, pihaknya terpaksa melupuhkan pelaku dengan timah panas lantaran berusaha kabur saat akan ditangkap.

“Pelaku yang berusaha melawan petugas dan berusaha kabur sehingga dilakukan tindakan tegas terukur dengan cara melumpuhkan kaki sebelah kanannya,” ujar AKP Asikin kepada wartawan.

Menurutnya, pelaku sudah berulangkali melakukan aksi pencurian di wilayah Tenjo dan Parungpanjang dengan cara berpura-pura sebagai pemulung.

Lebih lanjut ia mengatakan, pelaku yang berpura-pura menjadi pemulung itu datang kerumah korbannya dengan cara merusak pintu atau jendela untuk mengambil barang berharga yang ada didalam rumah korban.

“Sempat kepergok warga, tapi karena takut sehingga warga tidak berani bertindak. Saat ini pelakunya masih kami periksa,” tuturnya.

Menurutnya, Baron tidak bekerja sendirian namun dibantu oleh satu orang temannya yang saat ini masih dalam pengejaran petugas.

“Pelaku menjalankan aksinya berdua, tim masih memburu satu tersangka lainnya,” kata dia.

Barang bukti yang berhasil diamanakan dari tangan pelaku yakni satu golok, satu pisau, sembilan ponsel, satu linggis, dua obeng dan satu unit sepeda motor bernomor polisi B 6658 GOP.

“Tesangka di jerat pasal 363 KUHP dengan acaman 5 tahun kurungan penjara,” tandasnya. (RF)