Bir Kotjok si Abah, Anti Mabuk Beri Khasiat Kesehatan

mediabogor.com, Bogor – Es Bir Kotjok si Abah merupakan salah satu minuman tradisional khas Bogor yang bisa kamu jumpai di Jalan Suryakencana, Kota Bogor atau tepatnya di Gang Aut. Meskipun bernama bir, namun minuman ini tak memabukkan. Bahkan sebaliknya justru memberikan khasiat bagi kesehatan karena terbuat dari rempah-rempah Jahe, Kayu Manis, Cengkeh, Gula Pasir dan Aren.

Segelas minuman ini, dapat kamu beli dengan harga Rp 5.000 saja. Tak hanya itu, minuman ini, dapat kamu beli juga dalam bentuk botolan dengan harga 15 ribu. Es Bir Kotjok tersebut buka setiap hari dari jam 09.00 pagi hingga 17.30 WIB.

Dikatakan Eman, salah satu pewaris dari minuman tradisional tersebut, Es Bir Kotjok ini, sudah ada sejak tahun 1965. Dulu, kakeknya meracik Bir Kotjok ini, untuk acara-acara perayaan pernikahan. Kala itu, sempat dikenal dengan nama bir penganten di kawasan pecinaan Bogor. Karena itu, jika ada perayaan pernikahan etnis Tionghoa, minuman tersebut sangat laris.

Pada tahun 1965 bir tersebut mulai terkenal dengan sebutan Bir Kotjok Bogor si Abah karena dulunya dijual berkeliling di sekitar kawasan Suryakencana hingga Pasar Bogor. “Minuman ini, bagus untuk kesehatan karena bahan jahe yang digunakannya hanya jahe merah yang bagus untuk sirkulasi darah. Selain itu, tak butuh pengawet untuk meraciknya karena kandungan cengkih di dalamnya dapat berfungsi sebagai pengawet alami, walaupun hanya tahan dua hari saja,” terangnya, Minggu (24/3/19).

Ia mengatakan, busa yang dihasilkan berasal dari cengkeh bertemu kayu manis yang dikocok bersama es batu. Sepintas terlihat serupa dengan bir pletok khas Betawi. Namun, perbedaannya ada di bahan rempah yang digunakan. Walaupun disajikan dengan es batu, khasiat minuman tersebut tetap terasa hangat di tenggorokan.

“Terkadang ada juga pembeli yang tidak menggunakan es batu, rasa hangat yang dihasilkan sama namun tak bisa menimbulkan buih seperti bir,” ujarnya. (*/di)