BMKG mencatat 19 kali gempa susulan setelah gempa M7,5 Selasa kemarin di Maluku

BMKG mencatat 19 kali gempa susulan setelah gempa M7,5 Selasa kemarin di Maluku

Pantauan BMKG, hingga Rabu, 11 Januari 2023, pukul 13.00 WIB terjadi 19 kali gempa susulan, dengan magnitudo terkecil 3,7 dan terbesar 5,7.

Ambon, Maluku (ANTARA) – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Geofisika Ambon mencatat 19 gempa susulan terjadi di Provinsi Maluku setelah gempa bermagnitudo 7,5 (M) terjadi pada Selasa pukul 02.47 WIB. (AKAL).

“Menurut pantauan BMKG, hingga Rabu, 11 Januari 2023, pukul 13.00 WIB terjadi 19 kali gempa susulan, dengan magnitudo terkecil 3,7 dan terbesar 5,7 magnitudo,” kata Kepala Stasiun Geofisika Djati Cipto Kuncoro. .di sini pada hari rabu.

Kuncoro mengatakan, pihaknya akan terus melakukan pemantauan dan memperbaharui informasi terkait gempa susulan dan menyebarluaskannya kepada masyarakat.

Oleh karena itu, masyarakat diimbau untuk tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh informasi yang tidak benar.

Selain itu, warga diimbau untuk tidak berlindung di bangunan yang retak atau rusak akibat bencana.

Sebelum kembali ke rumah, masyarakat diimbau untuk mengecek dan memastikan rumah cukup tahan gempa dan tidak ada kerusakan akibat gempa yang mengganggu stabilitas bangunan.

Selain itu, masyarakat diimbau untuk hanya mengikuti perkembangan gempa dari BMKG, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), TNI, Polri, dan aparatur pemerintah daerah.

BMKG mencatat pusat gempa berada di 7,37 derajat Lintang Selatan dan 130,23 derajat Bujur Timur atau di laut pada jarak 136 km barat laut Maluku Tenggara Barat, Maluku pada kedalaman 130 km.

Badan tersebut menyimpulkan bahwa gempa tersebut terjadi akibat aktivitas subduksi di Laut Banda.

Berdasarkan hiposenternya tergolong gempa sedang, dengan mekanisme gerakan naik atau patahan dorong.

BMKG telah mengeluarkan peringatan dini tsunami bagi warga di Provinsi Maluku dan Sulawesi Tenggara akibat bencana tersebut.

READ  Indonesia Spice Up The World mempromosikan pariwisata Bali

Namun, tidak ada perubahan signifikan pada permukaan laut, sehingga peringatan itu dibatalkan.

Kabupaten Kepulauan Tanimbar dan Kabupaten Maluku Barat Daya di Provinsi Maluku menjadi daerah yang paling parah terkena dampak gempa tersebut.

Berita Terkait: 92 rumah rusak dalam 7,5 meter persegi di Tanimbar
Berita Terkait: Infrastruktur pelabuhan di Maluku aman pasca gempa: Kementerian
Berita Terkait: ‘Pulau’ terlihat di dekat Kepulauan Tanimbar setelah gempa 7,5M

We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply

MEDIABOGOR.COM AMAZON, DAS AMAZON-LOGO, AMAZONSUPPLY UND DAS AMAZONSUPPLY-LOGO SIND MARKEN VON AMAZON.COM, INC. ODER SEINE MITGLIEDER. Als AMAZON ASSOCIATE VERDIENEN WIR VERBUNDENE KOMMISSIONEN FÜR FÖRDERBARE KÄUFE. DANKE, AMAZON, DASS SIE UNS UNTERSTÜTZT HABEN, UNSERE WEBSITE-GEBÜHREN ZU ZAHLEN! ALLE PRODUKTBILDER SIND EIGENTUM VON AMAZON.COM UND SEINEN VERKÄUFERN.
Media Bogor