BUMDes mampu mewujudkan pemerataan pertumbuhan ekonomi di desa

BUMDes mampu mewujudkan pemerataan pertumbuhan ekonomi di desa

Tercatat juga telah dibentuk 6.583 BUMDes Kolektif (BUMDesma) sebagai bentuk kerjasama usaha antar desa.

Jakarta (ANTARA) – Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) sebagai satu-satunya badan hukum publik di desa mampu menjaga dan mewujudkan pemerataan pertumbuhan ekonomi di desa, Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (PDTT) Menteri Abdul Halim Iskandar dikatakan.

BUMDes mampu mencapai delapan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan Desa (SDGs), yaitu pertumbuhan ekonomi desa yang merata dan tujuan ke-18 membangun kelembagaan desa yang dinamis dan budaya desa yang adaptif.

Iskandar dalam keterangan tertulis yang dirilis Jumat mengatakan, sejauh ini pihaknya telah menambah jumlah BUMDes dan meningkatkan kualitasnya.

Pada tahun 2014 hanya terdapat 8.189 BUMDes, sedangkan saat ini jumlahnya mencapai 60.417.

Berita Terkait: Kemiskinan menurun lebih cepat di desa daripada kota: BPS

Tercatat juga telah dibentuk 6.583 BUMDes Kolektif (BUMDesma) sebagai bentuk kerjasama usaha antar desa, tambah Menkeu.

Semangat mendirikan BUMDes muncul dengan dikeluarkannya kebijakan untuk meningkatkan kualitas BUMDes.

Salah satu contohnya adalah dengan dikeluarkannya UU No. 11 Tahun 2020 tentang Penciptaan Lapangan Kerja, yang secara khusus memperkuat kedudukan hukum BUMDes sebagai badan hukum publik yang berlaku.

“Semangat desa juga terlihat dari pengalokasian kepada BUMDes dalam APBD desa,” ujarnya dalam acara “Peresmian Pendalaman Desa Cemerlang 2022” di Universitas Airlangga, Surabaya, Jawa Timur, Kamis.

Berita Terkait: Dana desa tidak dapat digunakan untuk mengkompensasi ternak mati: pemerintah

Total anggaran desa tahun 2022 yang dihimpun dari 74.961 desa mencapai Rp117,04 triliun, ujarnya.

Sedikitnya Rp867,66 miliar anggaran dialokasikan untuk mendirikan dan memberikan modal kepada BUMDes. Hal ini menunjukkan bahwa peran BUMDes semakin kuat di desa.

READ  Bestes Daunenkissen 80 X 80 Cm Getestet und qualifiziert

Akuntabilitas BUMDes juga dijaga melalui laporan tahunan kepada warga desa melalui musyawarah tingkat desa, kata menteri.

Jika BUMDes terancam pailit, maka Peraturan Presiden (PP) No. 11 Tahun 2021 memberikan mekanisme pemulihan BUMDes, baik dengan mengganti pengelola, menambah modal awal, maupun mengubah unit usaha.

Untuk menjamin kelangsungan program BUMDes satu desa satu, sistem pendaftaran di website http://bumdes.kemendesa.go.id/ adalah hanya menerima satu BUMDes per desa.

“BUMDes yang telah disetujui adalah yang ditandatangani oleh Menteri PDTT, yang tidak dapat diubah kembali,” jelas Iskandar.

Berita Terkait: Anggota G20 harus mengatasi risiko pengecualian keuangan: Gubernur BI

Berita Terkait: Indonesia berkomitmen untuk pembangunan berkelanjutan yang adil: resmi

We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply

MEDIABOGOR.COM AMAZON, DAS AMAZON-LOGO, AMAZONSUPPLY UND DAS AMAZONSUPPLY-LOGO SIND MARKEN VON AMAZON.COM, INC. ODER SEINE MITGLIEDER. Als AMAZON ASSOCIATE VERDIENEN WIR VERBUNDENE KOMMISSIONEN FÜR FÖRDERBARE KÄUFE. DANKE, AMAZON, DASS SIE UNS UNTERSTÜTZT HABEN, UNSERE WEBSITE-GEBÜHREN ZU ZAHLEN! ALLE PRODUKTBILDER SIND EIGENTUM VON AMAZON.COM UND SEINEN VERKÄUFERN.
Media Bogor