Buruan, Ada Bazar Sembako Murah di Balaikota Besok Terakhir

mediabogor.com, Bogor – Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor bekerjasama dengan Bank Indonesia (BI) menggelar bazar sembako murah Ramadan di Plaza Balai Kota Bogor Jalan Ir. H Djuanda, Kota Bogor. Bazar di gelar selama dua hari dari Rabu-Kamis, (15-16 Mei 2019) mulai dari pukul 09.00 – 15.00 WIB.

Terdapat 18 booth yang menjual berbagai komoditas seperti beras, telur, daging sapi dan ayam, terigu, bawang merah dan putih, cabai merah, gula pasir dan minyak goreng serta penukaran uang baru. Selain bahan pokok, komoditas lainnya yang dijajakan diantaranya aneka bakso, kerupuk, ikan segar, buah-buahan, sarden dan aneka olahan matang. Bagi yang ingin belanja diingatkan agar membawa kantong belanja sendiri karena panitia tidak menyediakan kantong plastik.

Dari pantauan di lokasi, terlihat warga yang di dominasi kaum ibu-ibu sudah mengantri sejak pukul 07.00 WIB padahal bazar baru dibuka pukul 09.00 WIB. Adapun stand yang paling banyak di serbu ibu-ibu adalah stand bawang putih, bawang merah, daging sapi dan daging ayam. Selain itu, mobil penukaran uang juga ramai diantri warga. Di sini Bank Indonesia menyiapkan 1,5 miliar bagi warga yang ingin menukar uang dengan batas perorangnya 3.7 juta.

Di bazar ini, harga bawang putih perkilonya dijual 39 ribu. Sedangkan di pasar seharga 49 ribu. Bawang merah yang di pasar seharga 35 ribu di sini dijual seharga 23 ribu perkilonya. Untuk daging ayam di sini dijual 28 ribu. Sedangkan daging sapi import sekilo seharga 80 ribu. Beda jauh dengan harga di pasaran yang lokalnya seharga 140 ribu.

Wali Kota Bogor, Bima Arya yang membuka bazar menyampaikan, ini adalah momentum yang dimaksimalkan dengan target banyak hal. Pertama, kontek bulan Ramadan, berbagi dan silaturahmi. Kedua, dalam kontek pengendalian inflasi.

“Kita ingin selama Ramadan ini, harga-harga terkendali karena di sini harga-harga lebih murah,” ujar Bima.

Sementara, Kepala Bagian Administrasi Perekonomian dan Kerjasama Setdakot Bogor, Tyas Ajeng mengatakan, kegiatan ini, adalah kolaborasi antara Pemerintah Kota Bogor, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Barat, BULOG dan PT Perusahaan Perdagangan Indonesia. Bazar ini, digelar dalam rangka mengantisipasi kenaikan harga barang kebutuhan pokok selama bulan Ramadan dan Idul Fitri yang berpotensi menyebabkan inflasi.

“Bazar murah akan dilakukan selama dua hari dengan target sasaran adalah masyarakat umum. Dinas atau perangkat daerah yang ikut dalam kegiatan ini, ada Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag), Dinas Pertanian, Dinas Ketahanan Pangan, Dinas Koperasi dan UMKM dan PD Pasar Pakuan Jaya. Nanti, rencananya di tanggal 29 Mei mendatang bazar ini akan menyebar ke kecamatan-kecamatan,” terangnya.

Di tempat yang sama, Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Jawa Barat, Pribadi Santoso menuturkan, BI menyediakan penukaran uang, insya Allah untuk hari ini cukup sampai sore. Diperkirakan Rp1,5 miliar dalam satu hari ini.

“Kalo ada kebutuhan tambahan kami siap. Karena dibatasi. Tapi kalau mau antre lagi silahkan. Besok juga ada, satu orang boleh nukar sampai Rp3,7 juta,” pungkasnya. (*/dy).