Camat Boteng Bantah Isu Penggusuran Pulo Geulis Untuk Kampung Wisata

mediabogor.com, Bogor – Beberapa waktu lalu sempat beredar video penolakan dari sejumlah warga Kampung Pulo Geulis Kelurahan Babakan Pasar, Kecamatan Bogor Tengah, untuk dijadikan kampung wisata.

Menyikapi hal tersebut Agustian Syach selaku camat Bogor Tengah menyatakan bahwa tidak akan ada penggusuran ataupun relokasi di Kampung Pulo Geulis.

“Enggak ada yang digusur hanya ditata, yang ada itu kita bangun wisata air dengan terintegrasi dengan kampung tematik di Pulo Geulis,” ucap Agus saat konfirmasi di Gedung DPRD Kota Bogor, Jalan Pemuda, Tanah Sareal, Kota Bogor, Senin (13/5/19).

Meski demikian Agus tidak menampik bahwa akan ada penataan. Namun, penataan tersebut tidak sampai menggusur ataupun melakukan relokasi terhadap rumah warga.

Menurutnya, pembangunan taman akan di lakukan di kawasan Sempur di lahan kosong dengan tidak melakukan penggusuran apapun.

“Ini dua konsep yang berbeda tapi ada dalam satu master plane. Jadi warga menanyakan soal akan dibuat taman Terasering di Pulau Geulis padahal mah enggak ada pembanguan di situ (Pulo Geulis,red) yang ada itu di Sempur. Kalau saya tangkap ini hanya miss komunikasi,” paparnya.

Agus pun memastikan bahwa penataan kawasan Sungai Ciliwung tidak akan dilakukan dengan melakukan penggusuran.

“Kenapa kita mau nata di Pulo Geulis karena Pulo Geulis punya riwayat yang bagus dengan keberagaman. Nah ini, warga malah bilang mau digusur, mau dibongkar, saya bingung dia dapat darimana informasi penggusuran, atau mungkin ada mis komunikasi, iya tidak akan ada relokasi, penggusuran, kalau penataan rumah yang jelek dibagusin iya ada, enggak salah dong kalau itu,” imbuhnya.

Sementara itu Bima Arya Sugiarto Walikota Bogor ditemui di lokasi yang sama menambahkan, untuk Kampung Pulo Geulis jangan kuatir pemerintah tidak akan mengusurnya. “Lebih tepatnya nanti besok saya akan berkunjung dan temui warga untuk menjelaskan lebih lanjut,” ungkapnya. (*/Nick)