Candi-candi Indonesia wujudkan semangat G20: Minister Plate

Candi-candi Indonesia wujudkan semangat G20: Minister Plate

Jakarta (ANTARA) – Candi-candi di Indonesia mewujudkan semangat kerukunan dalam keberagaman serta ketangguhan yang menjadi inspirasi Presidensi G20 Indonesia tahun ini, kata Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate.

“Sepanjang sejarah, Candi Prambanan terus menghadapi bencana besar, namun kolaborasi masyarakat (dalam berbagai era) telah menjadikan candi tantangan itu dan bahkan memiliki signifikansi yang tumbuh hingga sekarang,” katanya saat jamuan makan malam dengan Kelompok Kerja Ekonomi Digital G20 ( Delegasi DEWG) di Candi Prambanan, Sleman, Yogyakarta, demikian informasi yang dirilis, Kamis.

Dari ratusan candi yang ada di Indonesia, Candi Borobudur yang bercorak Buddha dan Candi Prambanan yang beragama Hindu adalah yang paling terkenal, katanya.

Kedekatan kedua candi yang terkenal di dunia itu menunjukkan kerukunan umat beragama di antara masyarakat di Indonesia, tambah menteri.

Keberadaan candi di Indonesia selain sebagai warisan budaya yang penting bagi bangsa, juga menjadi bukti ketangguhan bangsa Indonesia dalam menghadapi tantangan di berbagai era.

Banyaknya candi di Indonesia tidak hanya keindahan panorama, tetapi juga sejarah dalam setiap pembangunan candi dan renovasi berkelanjutan, kata Plate.

Pembangunan Candi Prambanan diprakarsai oleh Rakai Pikatan dari Kerajaan Medang di bawah Dinasti Sanjaya pada tahun 830 M, dan penerus Rakai Pikatan terus mengembangkan kompleks candi, kata menteri.

Berita Terkait: Kementerian menjamu delegasi DEWG di Candi Prambanan

Seiring berjalannya waktu, konflik dan bencana melanda wilayah tersebut, menyebabkan candi tersebut terbengkalai. Meskipun ditinggalkan, struktur candi terus berdiri, tambahnya.

Plate memaparkan bahwa sejak ditemukan kembali pada awal tahun 1700-an, Candi Prambanan terus menghadapi tantangan meskipun berbagai upaya telah dilakukan oleh pemerintah, lembaga ilmiah, dan anggota masyarakat untuk merestorasi dan merekonstruksinya. Proyek restorasi besar terakhir dilakukan pada tahun 2009, beberapa tahun setelah gempa Yogyakarta tahun 2006, tambahnya.

READ  Kembali dan bawa Juventus menuju kemenangan, Cristiano Ronaldo menyentuh AC Milan

“Kami berharap selama Presidensi Indonesia, kami juga dapat bertahan dan berkembang melampaui masa-masa sulit ini untuk mencapai tujuan Pulih Bersama, Pulihkan Lebih Kuat,” kata menteri.

Berita Terkait: G20: PT TWC siap menyambut delegasi di taman candi

We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply

MEDIABOGOR.COM AMAZON, DAS AMAZON-LOGO, AMAZONSUPPLY UND DAS AMAZONSUPPLY-LOGO SIND MARKEN VON AMAZON.COM, INC. ODER SEINE MITGLIEDER. Als AMAZON ASSOCIATE VERDIENEN WIR VERBUNDENE KOMMISSIONEN FÜR FÖRDERBARE KÄUFE. DANKE, AMAZON, DASS SIE UNS UNTERSTÜTZT HABEN, UNSERE WEBSITE-GEBÜHREN ZU ZAHLEN! ALLE PRODUKTBILDER SIND EIGENTUM VON AMAZON.COM UND SEINEN VERKÄUFERN.
Media Bogor