Cantik tapi misterius, apa yang membuat pelangi meteorit ini diwarnai?

Banyak kesedihan dalam sejarah kita telah menunjukkan bahwa kita manusia memiliki ketidakmampuan belajar. “- Carl Sagan, Shadows of Forgotten Leluhur.

Setiap orang tidak dapat menyangkal bahwa manusia telah membuat begitu banyak perubahan di Bumi. Peradaban di bumi begitu maju, penuh dengan teknologi, yang dihiasi dengan monumen-monumen megah di seluruh dunia.

Di satu sisi, keberadaan manusia juga membawa banyak malapetaka bagi Bumi. Perburuan dan penebangan liar menghilangkan jutaan spesies, sampah menumpuk dimana-mana, lautan tercemar oleh manusia. Belum lagi pemanasan global yang semakin parah.

Tetapi apa yang terjadi dengan bumi ketika umat manusia benar-benar hilang? Akankah Bumi membaik atau sebaliknya? Berikut penjelasannya.

Baca juga: Ngeri, Ini Foto Asli Virus Corona Saat Menyerang Tubuh Manusia

1. Tanpa manusia, hewan peliharaan dan ternak akan kelaparan

thesprucepets.com

Selama ini hewan peliharaan sangat bergantung pada manusia. Anjing, kucing, sapi, kambing dan lainnya sudah biasa diberi makan oleh manusia. Sehingga mereka akan mendapat masalah saat manusia menghilang dari muka bumi.

Hewan dan ternak domestik, terutama herbivora dan omnivora, harus berjuang keras untuk beradaptasi dengan alam liar. Kemudian kemungkinan populasinya menurun karena menjadi mangsa predator, termasuk anjing dan kucing besar.

2. Terjadi bencana besar karena tidak ada yang menguasai minyak dan nuklir

pri.org

Bahkan jika manusia menghilang dari Bumi, jejak kita akan tetap ada. Dilaporkan Sains ASAP salah satunya adalah pertambangan minyak dan tenaga nuklir. Ini akan menjadi sumber bencana.

Karena tidak ada orang lain yang memperhatikan kedua hal itu. Kemungkinan besar akan terjadi tumpahan minyak dan ledakan nuklir di berbagai tempat. Akibatnya, radiasi yang berbahaya bagi hewan dan tumbuhan menyebar ke mana-mana. Bagian dari tempat di Bumi akan menjadi Chernobyl berikutnya.

READ  Bulan Menjadi Berkarat Karena Bumi!

3. Sampah yang ditinggalkan manusia masih ada

6 Hal Yang Terjadi Jika Bumi Tanpa Manusiastaticflickr.com

Tanpa manusia, tidak ada sampah anorganik di bumi. Namun semua sampah yang ditinggalkan manusia selama hidupnya masih ada. Begitu juga dengan plastik yang mengapung di lautan.

Setelah ratusan tahun, sampah ini mungkin telah terurai di tanah. Permukaan bumi akan dipenuhi oleh partikel karbon mulai dari karet, plastik hingga logam.

Baca juga: Ini Nenek Moyang Kucing Kampung Indonesia, Tangguh

4. Alam akan mengambil alih semua yang ada di bumi

6 Hal Yang Terjadi Jika Bumi Tanpa Manusiastaticflickr.com

Jika manusia pergi, bisa dipastikan alam akan mengambil alih semua jejak kehidupan. Rumah-rumah dan gedung-gedung di kota akan ditumbuhi. Hewan berkeliaran dengan bebas di jalanan, area rekreasi, dan mal.

Setelah itu, perlahan semua bangunan buatan manusia akan runtuh. Dilaporkan LiveScienceMulai dari rumah, gedung, lalu disusul monumen terkenal seperti Menara Eiffel, Patung Liberty, dan lain-lain. Bangunan yang bertahan paling lama adalah yang terbuat dari bebatuan asli Bumi seperti Sphinx, Piramida, dan Stonehenge.

5. Setiap tempat di bumi terlihat seperti kota orang mati

6 Hal Yang Terjadi Jika Bumi Tanpa Manusiafuturecdn.net

Bangunan ditumbuhi tumbuhan, hewan menyerbu seluruh kota, dan semua infrastruktur ditinggalkan karena tidak ada yang merawatnya.

Belum lagi jika terjadi bencana alam. Bumi akan tampak sangat kacau, tidak terawat, dan tidak bisa dihuni manusia. Tempat-tempat yang dulu kami tinggali sulit untuk kembali ke wujud aslinya yaitu hutan. Karena kemungkinan besar tanahnya sudah tidak subur lagi.

6. Pemanasan global masih terus berlangsung

6 Hal Yang Terjadi Jika Bumi Tanpa Manusianbcnews.com

Jika Anda mengira Bumi akan kembali indah saat manusia menghilang, Anda salah. Dilaporkan LiveScience, ternyata pemanasan global akan terus berlanjut meski laju perubahannya lebih lambat.

Masih dari sumber yang sama, hal ini terjadi karena karbondioksida di atmosfer terus menumpuk selama ribuan tahun yang akan datang. Terlebih lagi, Bumi dilanda bencana akibat kebocoran nuklir, minyak, dan tambang lainnya.

READ  Ilmuwan Menemukan Kerusakan Parah pada 2 Gletser Besar Di Antartika

Akibatnya, lapisan es kutub akan terus mencair, terumbu karang perlahan akan terkikis, dan suhu bumi akan terus menghangat. Banyak hewan dan tumbuhan akan punah, menyusul kepergian manusia.

Itulah yang terjadi dengan bumi saat manusia menghilang. Butuh ratusan tahun bagi Bumi untuk kembali ke fase aslinya, seperti yang terjadi di era dinosaurus. Tapi sekarang tidak lagi sama seperti dulu.

Written By
More from Emet

Dengan Sayap, Mengapa Ayam Tidak Bisa Terbang Tinggi?

Ayam (Foto: chickenbreedslist.com) Memiliki sayap, juga berbulu, tidak jauh berbeda dengan burung....
Read More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *