Carmel Bodiardjo, Pembela HAM di Papua, Meninggal di Usia 96 Tahun

Carmel Bodiardjo, Pembela HAM di Papua, Meninggal di Usia 96 Tahun

Laporan Asia Pasifik meja baru

Pembela hak asasi manusia Inggris dan Indonesia Carmel Bodiargo, pendiri pengawas internasional tabol dan penggerak gerakan selama beberapa dekade, telah meninggal dengan damai pada usia 96 tahun.

Tabol mengatakan dalam sebuah pengumuman bahwa dia meninggal pada hari Sabtu dan akan dirindukan oleh jaringan luas orang-orang yang “kehidupannya telah terpengaruh – dan kadang-kadang diubah – oleh kampanyenya yang penuh semangat dan tegas untuk hak asasi manusia, keadilan dan demokrasi di Indonesia, Timur. Timor, Aceh dan Papua Barat.”

Bagi banyak orang, Tabol mengatakan bahwa dia adalah seorang mentor yang hebat dan juga seorang teman yang dicintai.

TAPOL berarti “tahanan politik” atau “tahanan politik” dalam bahasa Indonesia.

Bodiardjo, seorang warga negara Inggris yang saat itu tinggal di Indonesia, dipenjarakan tanpa pengadilan oleh pihak berwenang Indonesia setelah mantan Presiden Suharto naik ke tampuk kekuasaan pada tahun 1965.

Bodeyardjo, seorang tahanan hati nurani Amnesty International, dibebaskan setelah tiga tahun penjara dan kembali ke Inggris.

Pada tahun 1973, Tabol berkampanye untuk pembebasan puluhan ribu tahanan politik menyusul kekejaman yang dilakukan oleh rezim Suharto pada tahun 1965 dan untuk mendukung kerabat ratusan ribu orang yang terbunuh.

Meningkatkan kesadaran akan kekejaman
Bodiardjo bertekad untuk meningkatkan kesadaran internasional tentang kekejaman dan ketidakadilan yang dengannya banyak negara Barat, termasuk Inggris, “terlibat dalam upaya mereka untuk menghentikan apa yang mereka lihat sebagai kebangkitan komunisme”.

Selama tiga dekade berikutnya, pekerjaan Tabol diperluas untuk mencakup isu-isu yang lebih luas tentang hak asasi manusia, perdamaian, dan demokrasi di Indonesia, termasuk Aceh, Timor Timur, dan wilayah Melanesia yang disengketakan di Papua Barat.

READ  Mantan Dirut Garuda divonis satu tahun penjara karena penyelundupan Harley Davidson

“Sedapat mungkin, dan terlepas dari represi parah rezim rezim baru, kami telah membangun hubungan dan kerja sama yang erat dengan para pembela hak asasi manusia dan demokrasi yang sangat berani di sana,” kata TAP.

Pada tahun 1995, Bodiardjo dianugerahi Penghargaan Kehidupan yang Benar, setelah dinominasikan oleh Federasi Internasional Timor Timur.

Dengan kesadaran yang juga tumbuh akan kerusakan lingkungan yang disebabkan oleh sistem tersebut terhadap alam dan masyarakat setempat, pada tahun 1988 Bodiardjo membantu mendirikan organisasi sejenis, Down to Earth, untuk memperjuangkan keadilan lingkungan.

Kemudian, pada tahun 2007, Budiardjo dan TAPOL juga menjadi anggota pendiri London Mining Network, yang dibentuk untuk mendukung masyarakat yang terkena dampak perusahaan pertambangan yang berbasis di London.

“Ketika Indonesia menjadi lebih demokratis selama tahun 2000-an, kami semakin mengalihkan perhatian kami ke wilayah Papua Barat. Di sana, pelanggaran hak asasi manusia terus berlanjut, sebagian besar tidak terlihat dan tidak dibahas di Indonesia maupun di dunia internasional.

Hadiah John Rumbek ائزة
Untuk pekerjaan internasional TAPOL di Papua Barat, Budiardjo juga dianugerahi Penghargaan Pembela Hak Asasi Manusia John Rumbiak dan dihormati sebagai “Putri Sulung Papua” oleh para pemimpin masyarakat sipil Papua Barat pada tahun 2011.

TAPOL saat ini sebagian besar tetap dibuat oleh Budiardjo – sebuah organisasi/jaringan kecil yang terdiri dari staf, sukarelawan, dan kolaborator yang berkomitmen, semuanya bertujuan untuk membuat dampak besar.

“Kami tetap berkomitmen pada cita-citanya untuk mempromosikan keadilan dan kesetaraan di seluruh Indonesia, dan sangat berterima kasih atas semua yang telah berkontribusi dan mengajari kami,” bunyi pernyataan agensi tersebut.

“Pikiran dan belasungkawa tulus kami atas kehilangan yang berat dan menyedihkan ini khususnya ditujukan kepada keluarga Carmel, tetapi juga kepada semua orang yang mengenal dan mencintainya di seluruh dunia.”

READ  Steven Gerrard dikritik di Chelsea karena gagal "membantu" Frank Lampard

We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply

MEDIABOGOR.COM AMAZON, DAS AMAZON-LOGO, AMAZONSUPPLY UND DAS AMAZONSUPPLY-LOGO SIND MARKEN VON AMAZON.COM, INC. ODER SEINE MITGLIEDER. Als AMAZON ASSOCIATE VERDIENEN WIR VERBUNDENE KOMMISSIONEN FÜR FÖRDERBARE KÄUFE. DANKE, AMAZON, DASS SIE UNS UNTERSTÜTZT HABEN, UNSERE WEBSITE-GEBÜHREN ZU ZAHLEN! ALLE PRODUKTBILDER SIND EIGENTUM VON AMAZON.COM UND SEINEN VERKÄUFERN.
Media Bogor