Cegah Wabah DBD, Puskesmas Tansa Lakukan PSN

mediabogor.com, Bogor – Guna mencegah mewabahnya penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD), Puskesmas Tanah Sareal bersama pihak Kelurahan melakukan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) serentak di wilayah Kelurahan Tanah Sareal, Sabtu, (26/01/19).

Kegiatan tersebut dilakukan untuk membasmi sarang-sarang nyamuk yang ada di lingkungan warga kelurahan atas intruksi wali Kota Bogor dan kepala Dinas Kesehatan Kota Bogor. “Yang paling banyak kami temukan genangan-genangan air di botol, gelas air mineral dan ban bekas terdapat jentik nyamuk di gang perkampungan,” ucap Kepala Puskesmas Tanah Sareal dr. Maria Yuliana usai kegiatan PSN.

Selain itu, lanjut Maria, pihaknya juga memberikan leaflet, penyuluhan dan edukasi kepada warga apa itu DBD, bagaimana cara penanggulangannya, bagaimana cara mengatasinya.

“Setiap ada orang yang berkumpul, kami memberikan informasi tentang bahaya penyakit DBD. Kita juga mengumumkan kepada warga PSN itu bukan hanya hari ini saja, tetapi warga bisa melakukan PSN setiap hari, karena ini hanya gemanya saja,” katanya.

Pada tahun 2018, sambung Maria, di wilayah Kelurahan Tanah Sareal terdapat lima kasus warga yang terjangkit DBD. Namun, untuk bulan ini, hanya ada satu kasus yang terjangkit DBD.

“Sebenarnya DBD tidak melihat usia, di wilayah kami kebanyak anak SD, tapi belakangan ini, banyaknya malah orang dewasa. Saya berharap dengan penyuluhan ini, wawasan dan pengetahuan warga tentang kesehatan semakin luas sehingga masyarakat bisa ikut peduli menjaga lingkungannya,” pungkasnya. (Nick)