China bersembunyi di Nepal dan memiliki tim yang terdiri dari 3 orang untuk melanjutkan misi – berita dunia

Presiden Xi JinpingPartai Komunis China Dia tidak menyerah untuk mempengaruhi arah politik Nepal dan membentuk tim beranggotakan tiga orang di Kathmandu yang terus berkomunikasi dengan politisi terkemuka di negara Himalaya itu, kata orang-orang yang mengetahui masalah tersebut.

Presiden Xi telah mengirim Tim beranggotakan empat orang yang dipimpin oleh Guo YezhouWakil Menteri Administrasi Internasional dari Komite Sentral BPK yang melakukan kunjungan tingkat tinggi ke Nepal yang diikuti oleh media.

Tim tersebut mengakhiri kunjungannya pada hari Rabu, tidak dapat mencapai tujuan utamanya untuk menyatukan dua faksi yang bersaing di Partai Komunis Nepal yang dipimpin oleh Perdana Menteri KP Sharma Oli dan mantan Perdana Menteri Pushpa Kamal Dahal dan Madhav Nepal.

Baca juga: Tim Tiongkok di Nepal membuat tawaran damai kepada Perdana Menteri Initial. Tidak menggigit

Delegasi Guo Yezhou, yang bertujuan membujuk Perdana Menteri Olli untuk membatalkan perintah presiden 20 Desember yang membubarkan 275 anggota DPR Nepal, juga telah menjajaki kemungkinan dua faksi yang bertikai bersaing bersama dalam pemilihan nasional pada 30 April dan 10 Mei. Jika perintah presiden tidak dapat dibatalkan. Opsi ketiga yang diyakini telah dikejar oleh Guo Yezhou dirancang untuk mengatasi kemungkinan Mahkamah Agung membatalkan perintah presiden dan melibatkan pembentukan pemerintah yang dipimpin Komunis dengan dukungan dari partai-partai oposisi seperti Kongres Nepal dengan pengecualian Perdana Menteri Oli.

Pengamat Nepal mengatakan bahwa delegasi tingkat tinggi Guo Yezhou hanyalah wajah publik dari upaya China.

Salah satu dari mereka berkata, “Sisi rahasia berlanjut.”

Saat ini, misi ini telah diserahkan kepada tiga pejabat CPC, yang merupakan bagian dari tim kedua yang melakukan perjalanan secara diam-diam melalui jalan darat dari China ke Nepal sebelum Guo Yezhou mendarat di Bandara Internasional Kathmandu Minggu lalu.

READ  500 tentara bayaran Rusia dikeringkan oleh 40 tentara Amerika dalam perang di Suriah, 300 orang tewas, tidak ada satu orang Amerika yang terluka

Ketiganya – Zekun Lai, Dongme Huang, dan Yonglin Zhong – adalah orang-orang yang berbicara tentang politik Nepal di Partai Komunis China dan yang telah mengembangkan pemimpin politik selama bertahun-tahun. “Inilah yang kami sebut sebagai upaya jalur belakang yang tetap di bawah radar,” kata seorang diplomat yang berbasis di Nepal.

Perubahan dalam pendekatan China untuk merahasiakan intervensinya datang dengan latar belakang ketidakpuasan di beberapa tempat di Nepal atas upayanya untuk mempengaruhi politik dan politisi.

Sehari sebelum delegasi Guo Yezhou kembali ke China pada hari Rabu, puluhan orang turun ke jalan di Kathmandu untuk menyampaikan obor pada Selasa malam untuk memprotes kunjungan tersebut, yang dimaksudkan untuk mencampuri urusan politik dalam negeri Nepal.

Tentu, China menyangkal bahwa tim Guo Yezhou ditugaskan untuk memengaruhi kebijakan Nepal, tetapi menyatakan bahwa mereka ingin politisi Nepal “mengelola sengketa internal dengan benar”.

“Sebagai teman dan tetangga dekat negara, kami berharap pihak-pihak terkait di Nepal dapat mempertimbangkan kepentingan nasional dan gambaran besarnya, mengelola perselisihan internal dengan baik dan mematuhi stabilitas politik dan pembangunan nasional,” kata juru bicara Kementerian Luar Negeri China pekan lalu. .

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *