Cobalah makan 7 makanan ini agar Anda tidak stres dan memiliki rasa bahagia

freepic

Ilustrasi Tertawa yang membuat bahagia

WIKEN.ID – Emosi positif dan kualitas kesehatan yang baik saling terkait.

Ini karena tubuh dan pikiran saling berhubungan. Descartes pernah menyebutkan bahwa tubuh dan pikiran terpisah, bekerja secara mandiri. Namun, pemikiran Descartes terbukti salah! Sejak 50 tahun terakhir, para ilmuwan telah menemukan bahwa tubuh dan pikiran saling berhubungan. Padahal, keduanya begitu mesra dan tak terpisahkan. Hubungan antara tubuh dan pikiran ini melahirkan cabang baru ilmu eksakta, yaitu psiko-neuroimunologi (PNI). Ilmu ini mengeksplorasi hubungan antara pikiran, otak dan sistem kekebalan.

Dikutip dari kompas.com, Salah satu hasil studi PNI dipublikasikan di New England Journal of Medicine pada tahun 1991. Sekelompok ilmuwan melakukan survei terhadap sejumlah orang yang diminta untuk menggunakan obat semprot hidung. Beberapa di antaranya mengandung virus demam ringan dan sisanya hanya mengandung garam.

Objek penelitian tidak mengetahui konten apa yang mereka dapatkan.

Hasilnya, mereka yang pikirannya stres mengalami gejala flu. Di sisi lain, mereka yang kurang stres dapat melawan virus, tanpa memandang usia, berat badan, pola makan, dan faktor lainnya. Stres adalah Sumber Penyakit Para ilmuwan semakin memahami mengapa stres bisa membuat kita begitu mudah sakit. Studi PNI menunjukkan keadaan emosional seperti stres, ketakutan, atau kemarahan mengirimkan sinyal ke kelenjar utama dalam tubuh untuk menghasilkan hormon seperti kortisol, adrenalin, dan epinefrin. Hormon-

Baca juga: Harus dicoba! Jeruk Nipis Efektif untuk Membersihkan Furnitur Ini

hormon ini memberi tahu sel-sel di dalam tubuh kapan waktunya bagi Anda untuk bekerja atau beristirahat, bahkan untuk melawan atau berlari. Akibatnya tubuh akan ‘melupakan’ sejenak tugas mencerna makanan atau melawan penyakit sehingga tekanan darah Anda meningkat dan bisa terus berjalan dengan cepat. Namun, berapa banyak dari Anda yang perlu lari demi keselamatan dalam kehidupan sehari-hari?

READ  Racun Lebah Madu Diklaim Efektif Membunuh Sel Kanker Payudara Jenis Ini

Aktivitas berat seperti itu kini digantikan oleh ketakutan yang tak ada habisnya seperti takut gagal, takut dipecat, dan sebagainya. Tubuh kita terus bekerja maksimal, sampai Anda akan jatuh sakit.

– Jika Anda ingin memiliki perasaan bahagia dan tidak stres, cobalah beberapa makanan berikut.

Ternyata ada beberapa jenis makanan yang bisa memicu munculnya hormon bahagia karena mengandung berbagai nutrisi spesifik di dalamnya. Dan salah satunya, coklat.

Rasa bahagia berasal dari hormon bahagia seperti endorfin, serotonin, dopamin, dan oksitosin yang meningkat karena kandungan nutrisi tertentu pada makanan tertentu, seperti dilansir Nova.id.

(Baca JuBaca juga: Andre Taulany Singgung Anak Asuh di Depan Betrand Peto, Perubahan Ekspresi Putra Ruben Onsu Jadi Sorotan Ajak Simpati Netizen

Video Unggulan

KONTEN YANG DIPROMOSIKAN

Written By
More from Emet

Kurangi Efek Radiasi Layar Gadget Selama Belajar di Rumah? Begini caranya

MADIUN- Sudah hampir setengah tahun kegiatan belajar selama pandemi Covid-19 harus dilakukan...
Read More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *