Dengan Sayap, Mengapa Ayam Tidak Bisa Terbang Tinggi?

Ayam (Foto: chickenbreedslist.com)

Memiliki sayap, juga berbulu, tidak jauh berbeda dengan burung. Tapi kenapa ayam tidak bisa terbang tinggi seperti burung?

Michael Habib, asisten profesor sel klinis dan neurobilogi di California’s Souther University dan peneliti di Institut Dinosaurus di Los Angeles County Museum of Natural History mencoba mencari tahu mengapa ayam tidak bisa terbang tinggi dan untuk apa sayap mereka.

Habib menjelaskan kepada Live Science bahwa sayap ayam terlalu kecil dan terlalu pendek untuk terbang. Ternyata sayap tersebut bukan untuk terbang stabil di ketinggian, tetapi memiliki fungsi lain.

“Kalau melihat sejarahnya, ayam hutan atau burung liar asli India Utara, Cina Selatan dan Asia Tenggara, merupakan nenek moyang dari sebagian besar ayam yang ada saat ini,” ujarnya.

Ayam liar ini, dulu masih bisa terbang pendek. Meskipun otot mereka kuat, mereka memiliki sedikit daya tahan. Sayap telah diperlihatkan hanya untuk memberi kesan proporsional.

Namun, ayam modern yang kita kenal sekarang, terutama yang dikembangkan di peternakan, sama sekali tidak bisa terbang. Hal ini dikarenakan ayam dipelihara untuk dipelihara dan memiliki daging, terutama bagian dada ayam yang merupakan bagian penting dari terbang.

Beratnya yang tidak proporsional dan sayap yang pendek membuat ayam-ayam modern yang kita lihat sekarang bahkan tidak bisa terbang sama sekali. Beberapa ayam muda mungkin bisa menandingi ayam hutan tua, tapi tetap tidak bisa terbang jauh. [Ricky]

READ  10 Tips Efektif Menjadi Pemenang di Game Fall Guys
Written By
More from Masud Madani

Asteroid 2011 ES4 Lebih Dekat ke Bumi, Akankah Berdampak Besar?

Ilustrasi Asteroid 2011 ES4. Foto oleh Istimewa Asteroid ES4 2011 mendekati Bumi...
Read More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *