DFSK Glory 580 masih “berkutat” untuk menggaet Wuling Almaz dan Honda CR-V

Jakarta

Persaingan SUV di Tanah Air semakin padat. Karena para pemainnya tidak hanya dari Jepang. Dalam dua tahun terakhir, pabrikan China juga aktif menghidupkan kembali pasar otomotif Indonesia dengan berbagai amunisi termasuk SUV ini, dan khususnya SUV 1.5 liter turbocharged yang menampung tujuh penumpang. Namun, DFSK Glory 580 tampaknya membutuhkan lebih banyak bukti untuk bisa bersaing dengan kompetitornya.

Pada tahun 2017, saat pertama kali diluncurkan, Honda CR-V Turbo masih sendiri. Belum ada pesaing, hingga merek SUV China akhirnya hadir DFSK Glory 580 Pada 2018 dengan Glory 580, DFSK secara terbuka menantang Honda CR-V turbo. Bisa dilihat dari kapasitas mesin turbocharged yang ditawarkan DFSK pada Glory 580, sama dengan Honda CR-V turbo.

Persaingan SUV 1.500 cc turbocharged kembali memanas setelah pabrikan China lainnya, Wuling, merilis kendaraan baru dengan spesifikasi serupa. Wuling meluncurkan SUV Almaz yang juga bermesin 1.500 cc turbo. Bedanya, saat pertama kali diperkenalkan, Almaz hanya mampu menampung lima orang di dalamnya. Sedangkan Honda CR-V dan DFSK Glory 580 bisa memuat tujuh orang.

Jadi bagaimana penjualannya? Siapa yang memegang tahta penjualan terbesar di segmen ini? Jika mengacu pada data sebaran grosir Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Honda CR-V turbo masih unggul. Penjualan tersebut paling tinggi dibanding Wuling Almaz dan juga DFSK Glory 580.

Sepanjang 2018, pendistribusian Honda CR-V Turbo tercatat sebanyak 14.230 unit. Sedangkan DFSK Glory 580 di tahun pertama memiliki 447 unit.

Sedangkan Wuling Almaz yang usianya masih hampir sama dengan jagung yang dimilikinya karena baru diluncurkan pada Februari 2019, menempati urutan kedua. Di tahun 2019, Almaz yang kini memiliki model 7 tempat duduk ini memiliki distribusi sebanyak 3.767 unit. Sedangkan Honda CR-V berhasil mencetak lebih dari 1.060 unit.

READ  H&M Global Rontok, di Indonesia berekspansi ke Makassar

Di tempat yang paling menonjol ada DFSK Glory 580. Dan tampaknya DFSK masih berkutat untuk menembus pasar SUV 1.500 cc turbocharged yang didominasi Honda CR-V. Selama 2019, 318 unit Glory 580 telah didistribusikan ke masing-masing dealer.

Setahun berselang, DFSK Glory 580 masih berkutat untuk mengejar ketertinggalan Honda CR-V bahkan Wuling Almaz. Apalagi, penjualan turun karena wabah virus korona. Selama Januari-Oktober 2020, DFSK Glory 580 1.5 L Turbo masih berada di posisi paling menonjol dengan hanya mengirimkan 43 unit. Sedangkan SUV berkapasitas 1.5 liter turbocharged berkapasitas 7 penumpang adalah Honda CR-V yang memiliki 3.350 unit, sedangkan Wuling masih di posisi kedua dengan distribusi 759 unit.

Tonton videonya “Menyajikan! GIIAS dibuka untuk pertama kalinya, dan pengunjung berhasil menaklukkan GIIAS 2019
[Gambas:Video 20detik]
(Real / Dinar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *