Di Venus ada gunung setinggi 8,8 km, mirip dengan Gunung Everest di Bumi: Okezone Techno

Planet-planet di tata surya menjadi subjek penelitian para sarjana. Venus adalah salah satu planet dekat Bumi di Tata Surya.

Dikutip Ruang luar angkasa NASASeperti Bumi, Venus memiliki gunung berapi. Venus lebih panas dan merupakan planet terpanas di tata surya.

Suhu permukaan Venus bisa mencapai 471 derajat Celcius. Venus memiliki pegunungan, lembah, dan puluhan ribu gunung berapi.

Gunung tertinggi di Venus, Maxwell Montes, tingginya 8,8 kilometer dan sebanding dengan gunung tertinggi di dunia, Gunung Everest.

Venus memiliki atmosfer tebal yang dipenuhi dengan gas rumah kaca, karbondioksida, dan awan asam sulfat. Gas menyimpan panas dan menghangatkan Venus. Memang, di Venus, logam panas seperti timah berubah menjadi cairan yang stabil.

Baca juga: Mengapa Bulan Raksasa Bulan Tampak Lebih Besar?

Venus berputar berlawanan arah dengan Bumi, dan rotasinya sangat lambat. Diperlukan waktu sekitar 243 hari Bumi agar planet ini berputar hanya sekali.

Karena Venus sangat dekat dengan Matahari, tahun-tahun berlalu dengan cepat. Venus membutuhkan 225 hari di Bumi untuk mengelilingi matahari. Ini berarti satu hari di Venus sedikit lebih lama dari satu tahun di Venus.

Mengingat lamanya hari dan tahun, sehari di Venus tidak seperti hari di Bumi. Jika matahari di Bumi terbit dan terbenam setiap hari, matahari terbit di Venus setiap 117 hari di Bumi.

Artinya matahari bersinar di Venus dua kali setahun. Karena Venus berputar ke arah yang berbeda dari Bumi, matahari terbit di barat dan terbenam di timur.

READ  Al-Qur'an dan Sains Menjelaskan Bahwa Hujan Dapat Memurnikan Air Bumi: Okezone Techno
Written By
More from Hamal Hamid

Inilah cara jet NASA mengambil contoh batuan asteroid Bennu

Memuat… Houston – Kapal luar angkasa NASA Osiris Rex Hari ini (Selasa...
Read More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *