Dua Asteroid Sebesar Truk Tronton Ngebut Mendekati Bumi, Berbahaya Apa?

Ilustrasi asteroid mendekati Bumi

MATA INDONESIA, JAKARTABadan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) memprediksi dua asteroid sebesar dua truk tronton akan mendekati Bumi dalam dua hari. Informasi ini pertama kali diketahui Minggu pekan lalu, di mana asteroid besar melesat melewati Bumi dengan kecepatan 12 km per detik.

Dengan kecepatan tersebut, asteroid bisa terbang dari London ke New York hanya dalam waktu 7 menit. Asteroid ini dikenal sebagai FR 2010 dan berjarak sekitar 4,6 juta mil dari Bumi. NASA telah mengklasifikasikan batu tersebut sebagai Near-Earth Object (NEO).

NASA mengatakan asteroid itu berpotensi berbahaya. Itu berarti suatu saat orbitnya bisa bergerak mendekati jalur tabrakan dengan Bumi.

Kedengarannya menakutkan, namun banyak asteroid yang selalu dipantau NASA yang tergolong berbahaya. Namun, kemungkinan asteroid ini menghantam Bumi masih sangat kecil.

NASA sendiri memiliki rencana untuk menjatuhkan setiap bagian asteroid yang berpotensi menghantam Bumi. Asteroid FR 2010 bukan satu-satunya yang mendekati Bumi, asteroid kedua yang juga melintasi Bumi adalah 2020 PT4.
Asteroid ini diamati pada 8 September 2020 melintasi Bumi dan Bulan. NASA mengklasifikasikannya sebagai objek alias NEO di dekat Bumi.

Dari segi ukuran, asteroid PT4 2020 jauh lebih kecil dari FR 2020. Tapi asteroid ini bergerak lebih cepat. Kecepatannya 7 mil per detik.

Sementara dari segi jarak, asteroid 2020 PT4 lebih dekat ke Bumi dibandingkan 2020 FR, sekitar 4,9 kali lebih dekat, antara Bumi dan Bulan. Dimana, hanya berjarak sekitar 1 juta mil saja.

Ukuran asteroid tersebut sekitar 2 truk panjangnya memang terlihat sangat besar, namun jika pernah bertabrakan dengan atmosfer bumi kemungkinan besar asteroid tersebut akan meledak di atmosfer dan menyebabkan kerusakan minimal.

READ  Cairan Es Antartika-Greenland, Permukaan Laut Bisa Naik 17 Cm

Written By
More from Masud Madani

Geger, Bintang ‘Kakek Noah’ Lebih Tua dari Alam Semesta?

Jakarta, CNN Indonesia – Hiasi rumah dengan tanaman hias tidak aneh lagi...
Read More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *