Fakta-Fakta Sirius, Bintang yang Paling Terang dari Bumi

Sirius disebut juga bintang pelangi, karena sering berkedip dengan banyak warna.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Bintang paling terang yang terlihat dari bagian mana pun di Bumi adalah Sirius. Sirius berada di konstelasi Canis Important, the Larger Pet.

Kebanyakan orang di Belahan Bumi Utara memperhatikan Sirius di tenggara-selatan atau barat daya pada malam hari dari musim dingin hingga pertengahan musim semi. Malam bulan Februari adalah waktu yang tepat untuk melihat Sirius.

Meskipun berwarna putih hingga biru-putih, Sirius dapat disebut sebagai bintang pelangi, karena sering berkedip dengan banyak warna.

Dikutip di Earth Sky, kecerahan, kelap-kelip, dan perubahan warna terkadang mendorong orang untuk melaporkan Sirius sebagai UFO.

Faktanya, perubahan ini hanya terjadi ketika bintang secerah Sirius bersinar melalui selimut atmosfer bumi.  Kepadatan dan suhu udara bumi yang bervariasi memengaruhi cahaya bintang, terutama saat kita melihat bintang rendah di langit.

Kilauan dan perubahan warna juga terjadi untuk bintang lain. Namun, efek ini lebih terlihat untuk Sirius karena Sirius sangat cerah.

Sirius selalu mudah ditemukan, karena itu adalah bintang paling terang di langit.
Sirius dikenal sebagai Bintang Anjing, karena merupakan bintang utama di konstelasi Canis Big, Anjing Besar.

Di Mesir kuno, nama Sirius menandakan sifatnya seperti terik atau berkilau.  Orang Mesir kuno mencatat bahwa Sirius naik tepat sebelum matahari setiap tahun tepat sebelum banjir tahunan Sungai Nil. Meski banjir bisa membawa kehancuran, tapi juga membawa tanah baru dan kehidupan baru. Di India, Sirius terkadang dikenal sebagai Svana, anjing Pangeran Yudhistira.

Sangat cerah

Para astronom mengungkapkan kecerahan bintang dalam besaran bintang. Semakin kecil angkanya, semakin terang bintangnya.

READ  Dokter: Pasien Covid Gejala Ringan Perlu Oximeter di Rumah

Magnitudo visible Sirius adalah 1,44, lebih rendah jadi lebih terang dibandingkan bintang lainnya. Ada bintang yang lebih terang daripada Sirius dalam hal energi aktual dan keluaran cahaya, tetapi mereka lebih jauh dan karenanya tampak lebih redup.

Biasanya, satu-satunya objek yang mengungguli Sirius di langit kita adalah matahari, bulan, Venus, Jupiter, Mars, dan Merkurius (dan biasanya Sirius juga mengungguli Merkurius).

Pada jarak 8,6 tahun cahaya, Sirius adalah salah satu bintang terdekat dengan kita setelah matahari. Satu tahun cahaya hampir 6 triliun mil.

Sirius diklasifikasikan oleh para astronom sebagai bintang tipe “A”.  Artinya, ini adalah bintang yang jauh lebih panas dari matahari kita  suhu permukaannya sekitar 9.400 Celcius berbeda dengan 5.500 C matahari kita.

Dengan massa matahari lebih dari dua kali lipat dan diameternya hanya kurang dari dua kali lipat, Sirius masih mengeluarkan 26 kali lebih banyak energi.  Ini adalah bintang deret utama, artinya ia menghasilkan sebagian besar energinya dengan mengubah hidrogen menjadi helium melalui fusi nuklir.

Sirius memiliki bintang pendamping kecil dan redup yang disebut The Pup.  Nama itu menandakan masa muda, tetapi sebenarnya pendamping Sirius adalah bintang mati yang disebut katai putih. Dulunya adalah bintang perkasa, The Pup hari ini adalah bara seukuran Bumi, namun terlalu redup untuk dilihat tanpa teleskop.

Bintang paling terang kedua di seluruh langit Bumi – paling terang berikutnya setelah Sirius adalah Canopus. Yang paling terang ketiga adalah Alpha Centauri.  Itu terlalu jauh ke selatan di langit untuk dilihat dengan mudah dari tengah-utara garis lintang.

More from Shakeel Mohiuddin

Mendorong Kebiasaan Makan Gizi Seimbang Lewat Lagu Isi Piringku

Fimela.com, Jakarta Hingga 2020, masalah gizi seimbang masih menjadi sorotan di Indonesia....
Read More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *