Fakta tentang asteroid seukuran piramida yang mendekati Bumi saat ini

Jakarta, CNN Indonesia –

Asteroid 2020 QD5.0 Dikatakan akan memasuki orbit Bumi hari ini Senin (26/10). Perhitungan Jet Propulsion Laboratory (JPL) NASA, asteroid QD5 terdekat, pada tahun 2020 Tanah Itu tidak akan mempengaruhi kehidupan makhluk planet ini dalam waktu dekat.

Berikut fakta mengenai asteroid QD5 2020 yang melintas di dekat Bumi

1. Ukuran piramida Giza

melepaskan The Daily StarAsteroid 2020 QD5 memiliki panjang yang sebanding dengan Piramida Agung Giza di Mesir. NASA memperkirakan asteroid itu memiliki panjang 130 meter.

Piramida Agung Giza adalah piramida tertua yang diketahui dengan ketinggian sekitar 138 meter. Jika tidak diekspos, piramida Giza sebenarnya setinggi 146 meter.

2. Sangat cepat

Asteroid 2020 QD5 diketahui bergerak dengan kecepatan yang sangat cepat. Sebuah asteroid dalam kategori NEO melaju dengan kecepatan 8,57 kilometer per detik, yang setara dengan 19.170 mil Bumi per jam.




3. Itu tidak mengancam Bumi

melepaskan Sky LifeAsteroid 2020 QD5, asteroid Apollo, pasti tidak akan memengaruhi Bumi dalam waktu dekat. Saat mendekat, jaraknya masih lebih dari 10 kali lipat jarak Bumi dan Bulan, yang setara dengan 38.558.821 kilometer.

4. Perhatikan

Asteroid 2020 QD5 saat ini berada di konstelasi Corona Borealis. Dari Jakarta, asteroid ini bisa diamati dari arah timur laut dengan kemiringan 8 derajat dari ufuk.

Namun karena keberadaannya di langit Jakarta pada siang hari, sulit untuk mengamati asteroid ini. Hal ini dikarenakan asteroid yang naik berada di bagian barat Indonesia pada pukul 07.46 dan terjadi pada pukul 18.39.

5. Kecerahan yang lemah

Kecerahan asteroid yang dilaporkan lemah, hanya 20,01. Sehingga asteroid 2020 QD5 yang muncul di ufuk belahan bumi lain pada malam hari hanya bisa dilihat dengan menggunakan alat bantu, seperti kamera foto yang diset dengan long exposure.

READ  Fosil udang bermata lima ditemukan, mata rantai yang hilang

(jps / DAL)

[Gambas:Video CNN]

Written By
More from Hamal Hamid

Fakta tentang menemukan air di bulan

Jumlah air di bulan lebih dari yang diperkirakan para ilmuwan sebelumnya. REPUBLIKA.CO.ID,...
Read More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *