Faktanya, Bangladesh akan mengirim 1.000 Rohingya lagi ke pulau-pulau terpencil

jpnn.comDan Myanmar – Bangladesh sekarang akan mentransfer gelombang kedua pengungsi Rohingya dari negara tetangga Myanmar ke pulau terpencil Basan Shar di Teluk Bengal bulan ini.

Ini dinyatakan oleh pejabat setempat pada hari Minggu, meskipun ada seruan oleh kelompok hak asasi untuk tidak melakukan pemukiman kembali lebih lanjut.

Dua pejabat yang mengetahui masalah tersebut mengatakan bahwa sekitar 1.000 pengungsi Rohingya, yang berasal dari minoritas Muslim yang melarikan diri dari Myanmar, akan dipindahkan ke pulau itu dalam beberapa hari ke depan setelah Bangladesh memindahkan lebih dari 1.600 awal bulan ini.

“Mereka akan dipindahkan ke Chittagong terlebih dahulu dan kemudian ke Bhasan Shar, menurut pasang surut,” kata salah satu pejabat. Para pejabat menolak untuk mempublikasikan nama mereka karena masalah itu tidak diungkapkan.

Mohamed Shamsoud Douza, wakil pejabat pemerintah yang bertanggung jawab atas pengungsi, mengatakan pemindahan itu bersifat sukarela.

“Mereka tidak akan dikirim jika tidak sesuai dengan keinginan mereka.”

Perserikatan Bangsa-Bangsa mengatakan belum diizinkan untuk melakukan penilaian teknis dan keamanan di Bhasan Shar, pulau rawan banjir di Teluk Benggala, dan tidak terlibat dalam mengangkut pengungsi ke sana.

Bangladesh mengatakan pihaknya hanya mengangkut mereka yang ingin pergi, dan langkah tersebut akan mengurangi kepadatan kronis di kamp-kamp yang menampung lebih dari satu juta orang Rohingya.

READ  China berbohong tentang data kasus Covid-19 dan salah menangani epidemi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *