Filosofi Target 45 Emas Kontingen Kota Bogor di Porda Jabar 2018

Filosofi Target 45 Emas Kontingen Kota Bogor di Porda Jabar 2018

Mediabogor.com, BOGOR – Kontingen Kota Bogor menargetkan bisa membawa pulang sedikitnya 45 medali emas dalam ajang Pekan Olahraga Daerah (Porda) Jawa Barat di Kabupaten Bogor pada Oktober 2018 mendatang. Selain untuk mendapatkan posisi di tiga besar, penetapan target itu memiliki filosofi.

Ketua Komite Nasional Olahraga Nasional (KONI) Kota Bogor Benninu Argobie mengatakan target 45 medali emas ditetapkan sesuai dengan filosofi semangat juang 45 bangsa Indonesia.

“Tahun 1945 bangsa Indonesia berjuang mengalahkan penjajah dengan menggunakan bambu runcing. Insya Allah dengan semangat 45 juga para atlet Kota Bogor bisa berjuang melawan para atlet dari daerah lain di Jawa Barat. Insya Allah kita mampu menyabet 45 medali emas,” ungkap Ben, sapaan akrabnya, di sela Peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) tingkat Kota Bogor di Lapangan Pusdikzi, Jalan Jenderal Sudirman, Bogor Tengah, Jumat (21/9/18).

Target tersebut menurut Ben sangat realistis. Karena pada pelaksanaan Porda sebelumnya, kontingen Kota Bogor meraih posisi ke-5 dengan mengoleksi 39 medali emas. “Kami memiliki 18 cabang olahraga andalan dalam meraih medali yang didominasi cabor bela diri. Saat ini kontingen Kota Bogor total berjumlah 650 personil. Kekuatan Tim Porda Kota Bogor sangat kuat, sangat siap dan Insya Allah bisa maksimal,” katanya.

Kedepan, lanjut dia, untuk pengembangan atlet Kota Bogor, KONI sudah menjalin kerjasama dengan beberapa perguruan tinggi. Ia juga menegaskan usai Porda para atlet Kota Bogor harus sarjana, bahkan pihak KONI akan mendorong para atlet yang meraih medali untuk mengikuti Pemusatan Latihan Daerah Pekan Olahraga Nasional (Pelatda PON). “Lebih jauh lagi akan kita antarkan hingga tingkat Olimpiade. Saat ini kan ada 10 atlet Kota Bogor yang sudah bermain di tingkat Asian Games,” tegasnya.

Untuk menunjang itu, kata Ben, KONI Kota Bogor tahun depan akan mempersiapkan anggaran Rp2-3 miliar untuk mengirimkan atlet bertanding ke luar negeri mengikuti kejuaraan tingkat dunia. Hal ini dimaksudkan agar ada atlet Kota Bogor yang tampil di Olimpiade tahun 2020 di Jepang nanti.

Sementara itu Ketua Kontingen Tim Porda Kota Bogor Yane Bima Arya juga menanggapi target 45 medali emas. Yane menyebut bahwa target itu merupakan batas minimum. Artinya, dengan waktu yang masih ada dirinya yakin para atlet akan memberikan yang terbaik bagi Kota Bogor.

“Dengan motto Tim Porda Kota Bogor Disiplin, Dedikasi, Juara. Insya Allah kami mampu ke arah sana. Selama masa persiapan menghadapi PORDA Jabar 2018, para atlet Kota Bogor digenjot untuk disiplin dalam latihan, memiliki dedikasi untuk Kota Bogor dan insya allah, hasilnya akan juara. Disisa waktu yang ada kita terus genjot mental gelora dan semangat para atlet,” terang istri dari Bima Arya itu.