Forum mengeluarkan rekomendasi untuk meningkatkan kerja sama regional tentang korupsi

Forum mengeluarkan rekomendasi untuk meningkatkan kerja sama regional tentang korupsi

Jakarta (ANTARA) – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menilai forum antikorupsi regional Asia Tenggara berhasil merumuskan rekomendasi peningkatan kerja sama regional di bidang antikorupsi.

“Kerja sama lintas yurisdiksi dalam penyidikan dan penuntutan merupakan salah satu prinsip utama yang diajukan (dalam forum) yang berhasil dibuktikan KPK sebelumnya,” kata Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri dalam rilisnya, Kamis.

KPK sebelumnya berpartisipasi dalam “Regional Anti-Corruption Conference for Law Enforcement Professionals in Southeast Asia” yang diselenggarakan dalam format hybrid di Bangkok, Thailand, pada 29-31 Agustus 2022, katanya.

Sebuah rekomendasi tentang langkah-langkah anti-korupsi untuk para profesional penegak hukum Asia Tenggara diselesaikan pada hari terakhir forum, kata pejabat itu.

“Dokumen tersebut merekomendasikan pemerintah dan otoritas terkait di negara-negara Asia Tenggara untuk mengambil inisiatif dalam tindakan antikorupsi,” kata Fikri.

Dia menunjukkan bahwa forum tersebut merekomendasikan peningkatan kerja sama regional dan internasional dalam penyelidikan korupsi dan penuntutan lintas yurisdiksi.

“Forum tersebut merekomendasikan peningkatan kerja sama antar lembaga intelijen keuangan dan penindakan kasus korupsi di daerah, peningkatan efisiensi bantuan hukum timbal balik, dan bentuk-bentuk kerja sama internasional lainnya,” menginformasikan kepala departemen KPK.

Berita Terkait: KPK rekomendasikan Kemendikbud perampingkan penerimaan siswa

Tindak lanjut untuk mengusut keterkaitan antara kasus korupsi dan kasus pidana lainnya serta meningkatkan dasar hukum dan kelembagaan untuk pemulihan aset juga menjadi salah satu rekomendasi yang dibuat oleh forum, tambahnya.

“Forum regional juga merekomendasikan beberapa poin tentang pencegahan pencucian uang dan transfer hasil kejahatan, peningkatan kerja sama internasional untuk pemulihan aset, serta penyitaan aset dan pengelolaannya,” menginformasikan Fikri.

Dalam acara tersebut, Ketua KPK Firli Bahuri menjadi pembicara panel tingkat tinggi 1 dengan tema diskusi yang mencakup tantangan dan praktik pemberantasan korupsi di Asia Tenggara.

READ  Samsung Bongkar Strategi Galaxy A: Pencipta Target

Lembaga antikorupsi juga berbagi pengalaman dan keberhasilan dalam upaya pemulihan aset korupsi dan pencucian uang melalui kerjasama antara pemerintah pusat dan lembaga penegak hukum.

Berita Terkait: Rektor diminta tidak korupsi dalam proses penerimaan mahasiswa
Berita Terkait: Digitalisasi menghasilkan program yang komprehensif dan terintegrasi: KPK

We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply

MEDIABOGOR.COM AMAZON, DAS AMAZON-LOGO, AMAZONSUPPLY UND DAS AMAZONSUPPLY-LOGO SIND MARKEN VON AMAZON.COM, INC. ODER SEINE MITGLIEDER. Als AMAZON ASSOCIATE VERDIENEN WIR VERBUNDENE KOMMISSIONEN FÜR FÖRDERBARE KÄUFE. DANKE, AMAZON, DASS SIE UNS UNTERSTÜTZT HABEN, UNSERE WEBSITE-GEBÜHREN ZU ZAHLEN! ALLE PRODUKTBILDER SIND EIGENTUM VON AMAZON.COM UND SEINEN VERKÄUFERN.
Media Bogor