Fungsi email gigi sebagai struktur pelindung harus diketahui

Fungsi email gigi sebagai struktur pelindung harus diketahui
Ilustrasi pekerjaan email gigi. Gambar milik.

Enamel gigi berfungsi untuk melindungi dentin. Email itu sendiri merupakan lapisan terluar dari gigi yang menutupi seluruh mahkota gigi. Email ini juga merupakan bagian tubuh yang paling sulit dan terbuat dari sel yang disebut ameloblas.

Meskipun enamel keras, ia rentan terhadap serangan asam, baik langsung dari makanan maupun dari metabolisme bakteri. Itu adalah hasil fermentasi karbohidrat yang kita makan setiap hari.

Karena itu, pola makan kaya asam bisa mempercepat kerusakan email gigi. Hal ini juga berlaku untuk penderita penyakit tertentu seperti bulimia. Penderita selalu memuntahkan makanan bercampur asam lambung yang menyebabkan erosi gigi.

Fungsi email gigi

Berawal dari Wikipedia, enamel atau enamel gigi mengandung 5% air dan 95% bahan anorganik dan organik. Email sangat sensitif terhadap penumpukan asam dan bakteri, sehingga dapat larut atau rusak jika terkena bahan tersebut.

Enamel gigi bertanggung jawab untuk melindungi gigi dari kerusakan. Saat kita mengunyah, gigi kita terancam rusak akibat aktivitas mengunyah makanan.

Selain itu, saraf pada gigi juga sensitif terhadap suhu, dan makanan panas dan dingin dapat menyebabkan sakit gigi. Tapi tugas enamel gigi ini adalah membuatnya tidak menimbulkan rasa sakit. Yang menjadi hasil dari makan atau minum panas atau dingin seseorang.

Jaringan email gigi tidak mengandung saraf, jadi jika kerusakan email terbatas, tidak akan sakit. Saat email rusak, email tidak dapat dipulihkan dengan sendirinya. Seperti pada kasus jaringan tulang atau dentin.

Baca Juga: Fungsi Tulang Pengumpil Berkaitan dengan Alat Gerak Manusia

Peran dan struktur email gigi

Enamel gigi berperan penting dalam melindungi gigi dari kerusakan. Oleh karena itu, sangat penting untuk mencegah terjadinya erosi email. Enamel membentuk pelindung yang kuat untuk melindungi lapisan dalam gigi Anda dari pengaruh asam dan plak.

READ  Saksikan Komet C / 2020 M3 mendekati Bumi malam ini

Enamel gigi memiliki warna putih, tetapi emailnya transparan. Untuk membuat warna kuning gading sedikit terlihat, gigi akan terlihat kuning.

Pada jaringan fungsional, email gigi memiliki struktur kristal yang lebih banyak terdiri dari jaringan anorganik daripada bahan organik. Kombinasi ini membuat properti email gigi terlihat seperti keramik.

Secara mikroskopis lapisan email tersusun atas prisma email yang merupakan kristal hidroksiapatit dengan pola orientasi tertentu. Meskipun memiliki struktur padat dan padat, beberapa ion dan molekul dapat melewatinya. Misalnya seperti pewarna makanan atau minuman.

Enamel yang menutupi mahkota anatomis gigi ini memiliki ketebalan yang berbeda di daerah tertentu. Karena enamel yang menebal berada dalam darah yang mengunyah, yaitu gigi seri dan gigi molar bawah, yang akan menjadi lemah.

Ketebalan tiap jenis gigi juga berbeda-beda tergantung dari fungsi email gigi. Misalnya cutting edge memiliki ketebalan sekitar 2 mm. Sedangkan tonjolan molar berkisar antara 2,3 sampai 2,5 mm dan pengurangan molar sekitar 2,5 sampai 3 mm.

Baca Juga: Sistem Limfatik pada Manusia dan Fungsi Organ-Organ Penyusunnya

Mencegah kerusakan email gigi

Menghindari atau mengurangi makanan yang menyebabkan banyak bahaya bisa menjadi salah satu cara untuk melindungi email. Makanan atau minuman dan buah-buahan asam dapat merusak enamel gigi.

Ketiga zat ini menempel pada gigi dan berinteraksi dengan bakteri di dalam mulut sehingga menyebabkan kerusakan produksi asam laktat. Tetapi ini tidak berarti bahwa Anda tidak boleh makan makanan ini. Yang terpenting, jangan berlebihan dan selalu gosok gigi setelahnya.

Kebanyakan dokter gigi juga menganjurkan untuk tidak minum terlalu banyak soda. Pasalnya, kandungan gula dan asam pada minuman tersebut bisa memengaruhi fungsi enamel gigi. Hal yang sama berlaku untuk minuman diet yang bersifat asam, meskipun tidak mengandung banyak gula.

READ  Para astronom berencana membangun teleskop di bulan, untuk apa?

Soda rasa jeruk memiliki kandungan asam yang lebih tinggi dibandingkan minuman ringan lainnya, yang membuatnya lebih berbahaya. Anda juga harus menghindari minuman olahraga dan minuman energi yang tinggi asam.

Makanan yang sangat keras seperti permen atau es batu dapat memecahkan atau memecahkan email. Dengan mempraktikkan kebiasaan kebersihan mulut dengan cara menggosok gigi dan mengunjungi dokter gigi secara rutin.

Memahami fungsi enamel gigi dan cara melindunginya bisa membuat Anda lebih waspada. Sehingga kedepannya kita bisa lebih memahami pentingnya menjaga kesehatan email gigi. (R10 / HR Oniine)

Penerbit: Jujang

Written By
More from Hamal Hamid

Konfirmasi adalah langkah yang tepat

Jakarta, KOMPAS.com Bukan hanya bank nasional, tapi bank asing yang beroperasi di...
Read More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *