Gejala Ini Umum Terjadi Jika Bumil Segera Melahirkan

Gejala Ini Umum Terjadi Jika Bumil Segera Melahirkan

Mediabogor.com, Bogor – Suami mana sih yang tidak sabar menunggu momen kehamilan sang istri? Bahkan, bukan hanya sang suami yang tidak sabar. Segenap keluarga besar tentunya tidak sabar untuk menyambut anggota baru di dalam keluarga mereka.

Namun, tahukah Anda, bahwa bunda yang segera melahirkan memiliki gejala dan tanda tertentu? Setidaknya ada 9 gejala yang umum terjadi. Mau tahu apa saja? Simak terus di bawah ini, ya!

  1. Keluarnya lendir dan flek dari vagina

Jika vagina ibu hamil tiba-tiba mengeluarkan lendir atau flek darah, maka bisa jadi waktu persalinannya semakin dekat. Lho, kok bisa? Sebab, keluarnya lendir bercampur flek merupakan pertanda bahwa jaringan serviks pada ibu hamil mengalami pembukaan.

  1. Nyeri pada selangkangan dan vagina

Walaupun Anda telah memahami cara menghitung usia kehamilan sebagai upaya mempersiapkan waktu melahirkan yang akan datang, bunda tetap harus peka terhadap gejala dan tanda yang satu ini, nih!

Jika bunda mulai sering merasa nyeri di area selangkangan dan vagina, bisa jadi waktu melahirkan semakin dekat, lho. Alasannya, karena janin sudah mulai bergerak ke arah bawah sehingga menekan rangka tulang pelvis.

  1. Nafsu makan meningkat

Tanda ibu hamil akan melahirkan yang selanjutnya adalah terjadinya peningkatan nafsu makan. Jika biasanya ibu hamil akan merasa kenyang hanya dengan mengonsumsi satu piring makanan; maka, menjelang proses persalinan, ibu biasanya bisa mengonsumsi 2-3 kali lipat dari jumlah normal.

  1. Sulit untuk tertidur

Memang, ukuran perut yang semakin besar membuat posisi tidur ibu hamil menjadi semakin terbatas. Selain itu, hal tersebut semakin menjadi jika masa melahirkan sudah semakin dekat, lho. Alasannya, semakin dekat masa melahirkan, semakin sering terjadi kontraksi halus sehingga menimbulkan rasa tidak nyaman di area perut dan rahim.

  1. Sering buang air kecil

Tanda ibu hamil akan melahirkan yang lainnya adalah meningkatnya frekuensi buang air kecil. Alasannya tidak lain karena janin yang bergerak ke arah bawah akan menekan kandung kemih. Maka, tidak heran jika kemudian ibu hamil akan sering  berkemih.

  1. Sering menggigil

Jika waktu melahirkan ibu hamil sudah dekat, maka kemungkinan besar ia akan mengalami kondisi di mana tubuh menggigil -padahal tidak sedang demam. Tenang! Hal ini lumrah terjadi karena tubuh yang menggigil dan bergetar merupakan cara ibu hamil untuk mengirimkan sinyal ke rahim agar siap menghadapi proses persalinan.

  1. Gerakan janin menjadi jarang dan lambat

Jika normalnya janin sering melakukan gerakan, seperti menendang; maka, menjelang persalinan gerakannya akan semakin jarang dan lambat. Ini dikarenakan jabang bayi sedang menyesuaikan posisi agar dapat keluar dari rahim.

  1. Sering merasa mual dan muntah

Ternyata, menjelang proses persalinan, ibu hamil akan kembali merasakan mual dan muntah. Karenanya, jika tanda ini sudah muncul, Anda disarankan untuk segera menguhubungi dokter.

  1. Air ketuban pecah

Nah, inilah tanda yang paling sering terjadi jika masa melahirkan sudah dekat. Cairan ketuban yang berfungsi untuk melindungi jabang bayi dari infeksi akan pecah sesaat sebelum proses persalinan. Jika ibu tidak mengalami kontraksi, padahal ketuban sudah pecah, maka dokter biasanya akan melakukan proses induksi.

Itu tadi 9 tanda ibu hamil akan melahirkan yang harus Anda ketahui. Semoga bermanfaat!