Gempa 5,5 SR guncang utara Halmahera: BMKG

Gempa 5,5 SR guncang utara Halmahera: BMKG

TERnate, Maluku Utara (Antara) – Gempa berkekuatan 5,5 magnitudo mengguncang Halmahera Utara, Maluku Utara, pada Senin pukul 06.59 WIB, di 1,49 derajat LU dan 127,85 derajat BT atau lima kilometer barat daya Tupelo.

“Gempa bumi dengan kedalaman 10 kilometer itu tidak berpotensi menimbulkan tsunami,” kata Andrey Wijaya, Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Kategori III (BMKG) di Ternate, Senin.

Menurut Logaya, gempa berkekuatan 5,5 magnitudo di Halmahera Utara merupakan akibat dari pergerakan sesar mendatar aktif yang umumnya terjadi di Bumi.

Gempa dirasakan di Kota Tupelo, Kecamatan Jalila, dan wilayah sekitar Provinsi Halmahera Utara dengan kekuatan MMI IV, sedangkan Suvi dan Ternate terjadi di MMI III, katanya. Di luar.

Berita Terkait: Gempa dengan kedalaman sedang melanda Laut Banda masih sangat aktif: BMKG

Wijaya juga mengimbau masyarakat di kawasan Halmahera Utara untuk tetap tenang dan tidak panik saat terjadi gempa dan segera mengungsi secara mandiri jika terjadi gempa susulan.

Sementara itu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Halmahera Utara melaporkan bahwa gempa tersebut merusak 57 rumah dan empat unit fasilitas umum, sebagaimana dikonfirmasi oleh Kepala Dinas Darurat dan Logistik Halmahera Utara, Heni Toga.

Berita Terkait: BMKG mencatat 27 gempa di Provinsi Aceh, Sumatera Utara pada 17-23 Desember

Toga menjelaskan, 34 rumah rusak ringan, 18 rusak sedang, dan lima rusak berat. Empat fasilitas umum yang rusak terdiri dari tiga tempat ibadah dan satu kantor pemerintahan, yaitu Kantor Desa Kosuri.

Kerugian material belum bisa diperkirakan karena tim BPBD masih mengumpulkan data.

Apalagi, tim BPBD telah berkoordinasi dengan perangkat desa untuk menangani korban luka gempa dengan membawa mereka ke rumah sakit setempat. Menurut data BPBD, setidaknya satu orang mengalami patah tulang, sedangkan satu orang mengalami luka ringan. BPBD juga telah mendirikan shelter bagi masyarakat yang ingin mengungsi atau mencari tempat yang lebih aman.

READ  Bestes Brillenhalter Für Auto Getestet und qualifiziert

Berita Terkait: Lebih dari 61 gempa bumi melanda Halmahera Utara, Maluku pada 8-10 Januari

Berita Terkait: Dua tewas dalam banjir di Jember, Jawa Timur

We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply

MEDIABOGOR.COM AMAZON, DAS AMAZON-LOGO, AMAZONSUPPLY UND DAS AMAZONSUPPLY-LOGO SIND MARKEN VON AMAZON.COM, INC. ODER SEINE MITGLIEDER. Als AMAZON ASSOCIATE VERDIENEN WIR VERBUNDENE KOMMISSIONEN FÜR FÖRDERBARE KÄUFE. DANKE, AMAZON, DASS SIE UNS UNTERSTÜTZT HABEN, UNSERE WEBSITE-GEBÜHREN ZU ZAHLEN! ALLE PRODUKTBILDER SIND EIGENTUM VON AMAZON.COM UND SEINEN VERKÄUFERN.
Media Bogor