Gerhana bulan terakhir tahun 2020 berlangsung pada akhir November

Gerhana bulan terakhir tahun 2020 berlangsung pada akhir November

TEMPO.CODan Jakarta Remaja Gerhana bulan Sepanjang tahun 2020 akan berakhir pada Senin 30 November. Namun pengamat di Indonesia belum bisa melihatnya secara utuh. “Saat bulan terbit, itu dalam gerhana,” kata Avivah Yamani, aktivis astronomi dari Southern Sky Community, Bandung, Senin, 2 November 2020.

Menurut dia, gerhana menjelang tengah hari pada 30 November 2020 di wilayah Indonesia akan dimulai pukul 14.32 BARAT. Waktu puncak pukul 16.44 WIB dan berakhir pukul 18.53 WIB. Gerhana bulan hanya bisa diamati di Indonesia setelah matahari terbenam. Saat Bulan purnama Saya baru saja memposting bahwa itu segera muncul dalam gerhana.

Gerhana bulan tidak seluruhnya terjadi di akhir November, melainkan bayangan. Bulan tidak akan hilang dari langit karena sinar matahari tertutup bayangan bumi. Mengutip laman South Sky, bulan terbit karena merupakan bulan purnama akan memudar saat terjadi gerhana yang hampir tampak. Bulan akan tampak seperti tersumbat oleh bayangan gelap.

Gerhana bulan terjadi ketika Bumi berada di antara matahari dan bulan dalam konfigurasi paralel. Posisi seperti itu membentuk kerucut bayangan bumi. Bayangan pada kerucut luar adalah daerah bayangan dari semi-bayangan. Pada saat itu, Bumi menghalangi sebagian sinar matahari mencapai bulan. Sementara itu, gerhana bulan total terjadi ketika kerucut bayangan lain, yang disebut umbra, membuat bayangan bumi menutupi bulan sepenuhnya.

Selama tahun 2020, telah terjadi total enam gerhana yang terdiri dari empat gerhana bulan dan dua gerhana matahari. Hingga tiga dari empat peristiwa dapat diamati di Indonesia, terutama untuk gerhana bulan dan semuanya semi-bayangan. Waktunya 11 Januari lalu, 6 Juni dan 30 November 2020 sebagai final.

READ  Ilmuwan menemukan meteorit di gurun. Jadi ada bukti air di Mars

Beberapa fakta lain tentang bulan tersebut, khususnya 8 November yang merupakan bulan terakhir setiap bulan. Bulan akan terbit pada tengah malam dan terbenam pada siang hari. Kemudian, pada 14 November, bulan akan mencapai jarak terdekatnya dari Bumi, yakni 357.837 kilometer.

Setelah periode bulan baru dimulai pada tanggal 15 November, langit malam akan menjadi gelap tanpa sinar bulan. Saat itu bulan akan terbit bersamaan dengan terbitnya matahari. Menurut Avivah, inilah saat yang tepat untuk melakukan astrofotografi di Langit Jauh atau memotret Bima Sakti.

di lain waktu Bulan Dressing awal pada 22 November. Bulan akan terlihat setelah matahari terbenam hingga tengah malam. Kemudian bulan kembali menjauh dari Bumi atau berada pada puncaknya, dengan jarak 405.894 km.

Anwar Al-Soudi

We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply

MEDIABOGOR.COM AMAZON, DAS AMAZON-LOGO, AMAZONSUPPLY UND DAS AMAZONSUPPLY-LOGO SIND MARKEN VON AMAZON.COM, INC. ODER SEINE MITGLIEDER. Als AMAZON ASSOCIATE VERDIENEN WIR VERBUNDENE KOMMISSIONEN FÜR FÖRDERBARE KÄUFE. DANKE, AMAZON, DASS SIE UNS UNTERSTÜTZT HABEN, UNSERE WEBSITE-GEBÜHREN ZU ZAHLEN! ALLE PRODUKTBILDER SIND EIGENTUM VON AMAZON.COM UND SEINEN VERKÄUFERN.
Media Bogor