Helaran HJB Digelar Sore, Pawai Mobil Hias Ditiadakan

mediabogor.com, Bogor – Jadwal perhelatan pagelaran helaran Hari Jadi Bogor (HJB) ke-537 pada tanggal 30 Juni 2019 nanti yang rencananya akan di mulai pagi hari kabarnya akan diundur menjadi sore hari pukul 16.00 WIB karena adanya perubahan tehnis dan pengurangan peserta.

Wali Kota Bogor, Bima Arya membenarkan adanya perubahan pada pawai budaya ke 537. Menurutnya, ada beberapa kendala yang mengakibatkan pengunduran waktu helaran pawai tersebut. “Ada beberapa kendala. Makanya kita undur,” ucapnya.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kota Bogor Shahlan Rasyidi mengatakan, ada pengurangan peserta seperti iring-iringan mobil hias akan dihilangkan dalam pawai. Hal itu, dilakukan untuk mengurangi kepadatan lalu lintas saat pawai berlangsung.

“Memang itu yang membuat meriah helaran di setiap tahunnya. Tetapi karena kita ingin mengurangi kepadatan, di tambah sedang adanya pembangunan flyover di jalan Re.Martaditana maka itu pawai mobil hias dihilangkan. Mudah-mudahan di tahun-tahun mendatang ada lagi pawai mobil hias,” ungkapnya.

Shahlan melanjutkan, pawai nantinya akan dimulai pukul 16.00 sore. Dengan rute perjalanan di mulai dari Balaikota dan berakhir di halaman Pusat Pendidikan Zeni (Pusdikzi) Kota Bogor, Jalan Jenderal Sudirman.

“Jadi, setelah pembukaan selesai, iringan kuda di depan berjalan dari jalan Djuanda ke jalan Sudirman. Untuk panggung utama juga berada di halaman Pusdikzi,” tambahnya.

Masih kata Shahlan, SKPD Kota Bogor juga tidak diperkenankan untuk turut dalam pawai kecuali yang memiliki sebuah karya atau atraksi. Hal itu, juga untuk mengurangi kepadatan peserta. “Untuk konsep tidak ada yang berubah. Pawai akan berlangsung dengan konsep sama seperti di tahun sebelumnya,” ujarnya. (*/Nick)