Heru Budi Hartono sebagai Gubernur Sementara Jakarta, menggantikan Anies Baswedan

Heru Budi Hartono sebagai Gubernur Sementara Jakarta, menggantikan Anies Baswedan

Anies Baswedan tidak lagi menjadi Gubernur Jakarta mulai hari ini, dengan calon presiden digantikan oleh Gubernur sementara Heru Budi Hartono.

Heru dilantik oleh Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian di Jakarta pagi ini, menggembar-gemborkan istilah satu tahun sebagai gubernur sementara untuk mantan kepala sekretariat presiden.

Masa jabatan Anies Baswedan dan Ahmad Riza Patria masing-masing sebagai gubernur dan wakil gubernur diumumkan secara resmi saat pelantikan Heru.

Baca juga – Partai NasDem mencalonkan Anies Baswedan dari Jakarta sebagai presiden

Anies mengambil kursi gubernur pada tahun 2017 setelah kampanye ideologis dan agama yang memecah belah terhadap mantan Gubernur Basuki “Ahok” Tjahaja Purnama. Masa jabatan lima tahun Anies berakhir pada 10 Oktober. 16.

Pemilihan gubernur Jakarta berikutnya seharusnya diadakan tahun ini, tetapi dimundurkan ke 2024 untuk memenuhi mandat untuk pemilihan kepala daerah, eksekutif, dan diadakan secara bersamaan.

Mengingat Hero telah menjabat sebagai juru kunci selama satu tahun, Kementerian Dalam Negeri mungkin harus memperpanjang masa jabatannya atau menunjuk gubernur sementara lain tahun depan.

Heru telah menjabat di Jakarta dalam berbagai peran birokrasi sejak 1993. Sebelum menjadi kepala sekretariat presiden pada 2017, ia menjabat sebagai walikota Jakarta Utara pada 2014 dan kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Jakarta di bawah Ahok dari 2015 hingga 2017.

Untuk pemilihan 2017, ketika Ahok mencalonkan diri sebagai calon independen, mantan gubernur secara khusus memilih Heru sebagai pasangannya. Ahok akhirnya memilih Wakil Gubernur Djarot Saiful Hidayat sebagai cawapres setelah mendapat dukungan dari Partai Perjuangan Indonesia (PDI-P).

Dalam wawancara dengan Kompas Sebelum dilantik, Heru mengatakan bahwa Presiden Joko Widodo secara eksplisit telah menginstruksikannya untuk memfokuskan upayanya dalam menyelesaikan tiga masalah ibu kota yang tidak pernah berakhir: banjir, kemacetan lalu lintas, dan masalah zonasi.

READ  Sisa-sisa TKI yang Jatuh Kembali ke Indonesia - Nusantara

We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply

MEDIABOGOR.COM AMAZON, DAS AMAZON-LOGO, AMAZONSUPPLY UND DAS AMAZONSUPPLY-LOGO SIND MARKEN VON AMAZON.COM, INC. ODER SEINE MITGLIEDER. Als AMAZON ASSOCIATE VERDIENEN WIR VERBUNDENE KOMMISSIONEN FÜR FÖRDERBARE KÄUFE. DANKE, AMAZON, DASS SIE UNS UNTERSTÜTZT HABEN, UNSERE WEBSITE-GEBÜHREN ZU ZAHLEN! ALLE PRODUKTBILDER SIND EIGENTUM VON AMAZON.COM UND SEINEN VERKÄUFERN.
Media Bogor