IHSG berpotensi melemah dalam sepekan ke depan, perhatikan 8 sentimen berikut

ILUSTRASI. IHSG ditutup turun 24,81 poin atau 0,46% menjadi 5.346,66 pada akhir perdagangan Jumat (28/8).

Reporter: Wahyu Tri Rahmawati | Editor: Wahyu T. Rahmawati

KONTAN.CO.ID – JAKARTA. Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup turun 24,81 poin atau 0,46% menjadi 5.346,66 pada akhir perdagangan Jumat (28/8). Meski sempat melemah di hari perdagangan terakhir pekan ini, IHSG masih mencatatkan kenaikan 1,40% dalam sepekan.

Sebelum turun pada hari Jumat, IHSG sempat menguat selama empat hari perdagangan berturut-turut. Alhasil, koreksi hari Jumat tidak berhasil menekan IHSG dalam sepekan.

Direktur Anugerah Mega Investama Hans Kwee memperkirakan IHSG dalam sepekan ke depan berpeluang konsolidasi cenderung melemah setelah penguatan yang terjadi dalam beberapa pekan terakhir. “IHSG akan bergerak bersama dukung pada level 5,324 hingga 5,218 dan perlawanan di level 5.400 hingga 5.450, “kata Hans dalam penelitiannya, Sabtu (29/8).

Baca juga: Terakhir, saham Tiga Pilar (AISA) bisa diperdagangkan kembali

Hans mengatakan, ada delapan sentimen utama yang mungkin mempengaruhi pergerakan IHSG dalam sepekan ke depan. Sentimennya adalah:

1. Perubahan pendekatan kebijakan Federal Reserve (The Fed) yang dikemukakan oleh Jerome Powell memiliki implikasi jangka panjang bagi pasar keuangan.

Sebelumnya, bank sentral Amerika Serikat (AS) berusaha mendongkrak perekonomian dan saat inflasi mencapai 2%, The Fed mulai menaikkan suku bunga. The Fed sekarang akan mengadopsi target inflasi rata-rata yang akan menjaga suku bunga rendah saat inflasi naik di masa depan. Inflasi akan menjadi rata-rata sehingga perlu waktu lebih lama sebelum Fed menaikkan suku bunga.

2. Selain suku bunga rendah, Fed diharapkan terus memberikan stimulus untuk mendorong perekonomian mencapai target inflasi 2%.

Sejak krisis 2008, sangat sulit bagi perekonomian untuk naik di atas 2% dalam jangka panjang. Jadi ini mendorong estimasi panjang dari rezim suku bunga rendah. Pasar saham dan obligasi cenderung positif dalam jangka panjang karena rendahnya ekspektasi suku bunga dan stimulus yang akan terus diberikan di masa depan bahkan ketika ekonomi telah pulih dari pandemi Covid-19.

READ  Ya ampun! Lebih Banyak Emiten Terancam Diusir oleh Bursa

Ketika vaksin ditemukan dan pandemi diatasi, pasar masih akan melihat rendahnya stimulus dan suku bunga sebagai akibat menunggu tingkat inflasi naik. Dana murah ini akan masuk ke pasar negara berkembang termasuk ke Indonesia.

Baca juga: Ada penawaran untuk sukuk ritel SR013, dibandingkan dengan prospek kinerja instrumen lain

3. Perubahan pendekatan Fed juga akan mempengaruhi nilai tukar dolar AS.

Dolar AS diperkirakan akan mengalami tren penurunan jangka panjang karena likuiditas dolar yang tinggi dan suku bunga rendah. Secara umum, rupiah harus mampu menguat dalam jangka panjang terhadap dolar AS.

Secara umum, suku bunga rendah akan mendorong nilai tukar suatu negara melemah. Memang ada pengaruh dari neraca pembayaran atau aliran modal masuk dan arus keluar, inflasi dan kondisi ekonomi. The Fed akan terlambat mengantisipasi perubahan inflasi dan mengubah kebijakan suku bunganya sehingga dapat mendorong nilai tukar melemah.

4. Penarikan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe karena alasan kesehatan membuat yen menguat signifikan terhadap dolar AS.

Pengganti Abe mungkin akan mengubah kebijakan dan stimulus ekonomi Abenomics yang sedang berlangsung. Yen sebagai mata uang tempat berlindung yang aman mengalami penguatan. Hal ini mungkin tidak berdampak signifikan terhadap perekonomian Indonesia. Namun hal tersebut dapat mendukung penguatan nilai tukar rupiah akibat melemahnya dolar AS di pasar.

Baca juga: Wall Street: S&P 500 dan Nasdaq Mencetak Rekor Lagi, Dow Jones Mulai Bergerak Positif


Written By
More from Emet

Cara mendapatkan pinjaman super murah dengan bunga 0% untuk program Jokowi

Jakarta, CNBC Indonesia – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menetapkan sejumlah stimulus untuk...
Read More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *