Indonesia Bentuk Tiga Provinsi Lagi di Papua, Jadi Lima

Indonesia Bentuk Tiga Provinsi Lagi di Papua, Jadi Lima

TheIndonesia.id – Wakil Ketua Komisi II DPR Junimart Girsang mengatakan DPR dan pemerintah akan mengambil keputusan Tingkat I terkait tiga RUU Daerah Otonomi Baru (RUU) di Papua Selasa sore ini. Panitia Kerja (Panja) 3 RUU Daerah Otonomi Baru Papua akan menetapkan batas-batas teritorial baru dari Papua Selatan propinsi, Papua Tengah Provinsi, dan Pegunungan Papua Propinsi. RUU ini akan menjadikan pulau Papua terdiri dari lima provinsi, mengikuti dua provinsi yang ada, Papua dan Papua Barat provinsi.

“Pada Selasa pukul 14.00 WIB, hasil keputusan akan dibawa ke rapat pengambilan keputusan Tingkat I dengan Menteri Dalam Negeri, Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia, Menteri Keuangan, dan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional,” Girsang kata di Jakarta, Selasa, 28 Juni 2022.

Girsang menjelaskan, Panja tiga RUU telah menerima dan mengesahkan hasil pembahasan Tim Perumus (Timus) dan Tim Sinkronisasi (Timsin) tiga provinsi baru di Papua yang dipimpinnya.

Sebagai tindak lanjut dari pengesahan tersebut, kata Girsang, Komisi II DPR dan Pemerintah akan kembali menggelar rapat yang diawali dengan pembahasan terkait calon pegawai negeri sipil dan staf honorer pemerintah di tiga provinsi baru di Papua.

DPR akan mengundang Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB), Badan Kepegawaian Negara (BKN), dan Badan Tata Usaha Negara (LAN) untuk memberikan masukan terkait aparatur sipil negara dan tenaga honorer.

Pembagian wilayah tiga provinsi baru di Papua yang telah disepakati adalah:
1. Provinsi Papua Selatan dengan ibu kota Merauke yang terdiri dari Kabupaten Merauke, Kabupaten Boven Digoel, Kabupaten Mappi, dan Kabupaten Asmat, berjumlah empat kabupaten;
2. Provinsi Papua Tengah yang beribukota Nabire terdiri atas Kabupaten Nabire, Kabupaten Puncak Jaya, Kabupaten Paniai, Kabupaten Mimika, Kabupaten Puncak, Kabupaten Dogiyai, Kabupaten Intan Jaya, dan Kabupaten Deiyai, sebanyak delapan kabupaten; dan
3. Provinsi Pegunungan Papua dengan ibu kota Jayawijaya/Wamena yang terdiri dari Kabupaten Jayawijaya, Kabupaten Pegunungan Bintang, Kabupaten Yahukimo, Kabupaten Tolikara, Kabupaten Mamberamo Tengah, Kabupaten Yalimo, Kabupaten Lanny Jaya, dan Kabupaten Nduga, seluruhnya berjumlah delapan kabupaten.

READ  Asteroid yang akan melintas di dekat Bumi pada Hari Pemilihan Presiden: Ozone Techno

We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply

MEDIABOGOR.COM AMAZON, DAS AMAZON-LOGO, AMAZONSUPPLY UND DAS AMAZONSUPPLY-LOGO SIND MARKEN VON AMAZON.COM, INC. ODER SEINE MITGLIEDER. Als AMAZON ASSOCIATE VERDIENEN WIR VERBUNDENE KOMMISSIONEN FÜR FÖRDERBARE KÄUFE. DANKE, AMAZON, DASS SIE UNS UNTERSTÜTZT HABEN, UNSERE WEBSITE-GEBÜHREN ZU ZAHLEN! ALLE PRODUKTBILDER SIND EIGENTUM VON AMAZON.COM UND SEINEN VERKÄUFERN.
Media Bogor