Indonesia catat surplus perdagangan dengan China pada Jan-April

Indonesia catat surplus perdagangan dengan China pada Jan-April

Penurunan tersebut harus memotivasi (kami) agar makanan dan minuman Indonesia dapat diterima dan berpotensi meningkatkan pangsa pasarnya di China.

Beijing (ANTARA) – Indonesia mencatat surplus perdagangan dengan China sebesar US$1,12 miliar selama periode Januari–April tahun ini.

Selama periode tersebut, ekspor Indonesia ke China mencapai US$22,74 miliar, sedangkan impornya dari ekonomi terbesar kedua dunia itu mencapai US$21,62 miliar.

“Akibatnya, Indonesia mencatat surplus perdagangan US$1,12 miliar dengan China,” kata Dubes RI untuk China Djauhari Oratmangun, Selasa.

Selama periode tersebut, perdagangan bilateral antara kedua negara membengkak 34,36 persen YoY hingga menyentuh US$44,36 miliar.

Namun, ekspor makanan dan minuman olahan Indonesia ke China pada empat bulan pertama 2022 turun 23,17 persen menjadi US$1,46 miliar dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya US$1,90 miliar.

Duta Besar mengaitkan penurunan tersebut dengan peraturan baru Administrasi Umum Kepabeanan China (GACC) tentang impor makanan olahan, yang mulai berlaku pada 1 Januari 2022.

Berita Terkait: Mendag Luncurkan Platform Digital untuk Dorong Ekspor ke China

Pemberlakuan aturan baru tersebut menghambat proses bongkar muat barang asal Indonesia di beberapa pelabuhan di China karena tidak memenuhi persyaratan GACC.

“Penurunan tersebut harus memotivasi (kami) agar makanan dan minuman Indonesia dapat diterima dan berpotensi meningkatkan pangsa pasarnya di China,” ujarnya.

Peraturan tersebut mewajibkan produsen makanan dan minuman olahan asing untuk mendaftarkan fasilitas produksinya ke GACC sebelum mengekspor produknya ke China.

Berita Terkait: Defisit perdagangan Indonesia dengan China anjlok 47,99 persen

READ  Habib Raziq ditangkap, dan ini membaca pasal hukum pidana yang terlibat dalam ...

We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply

MEDIABOGOR.COM AMAZON, DAS AMAZON-LOGO, AMAZONSUPPLY UND DAS AMAZONSUPPLY-LOGO SIND MARKEN VON AMAZON.COM, INC. ODER SEINE MITGLIEDER. Als AMAZON ASSOCIATE VERDIENEN WIR VERBUNDENE KOMMISSIONEN FÜR FÖRDERBARE KÄUFE. DANKE, AMAZON, DASS SIE UNS UNTERSTÜTZT HABEN, UNSERE WEBSITE-GEBÜHREN ZU ZAHLEN! ALLE PRODUKTBILDER SIND EIGENTUM VON AMAZON.COM UND SEINEN VERKÄUFERN.
Media Bogor