Indonesia dituduh atas kapal tanker minyak yang membawa minyak ‘curian’ Kamboja

Indonesia dituduh atas kapal tanker minyak yang membawa minyak ‘curian’ Kamboja

PHNOM PENH – Indonesia dituduh melanggar hak asasi awak kapal tanker minyak dalam sengketa internasional yang meningkat atas pengiriman minyak mentah senilai $21 juta yang menurut Kamboja telah dicuri.

Angkatan Laut Indonesia menyita kapal tanker Strovolus berbendera Bahama, yang diperkirakan membawa hampir 300.000 barel minyak mentah dari proyek minyak buruk pertama Kamboja, di lepas pantai negara itu pada Juli.

Perdana Menteri Kamboja Hun Sen dan pejabat lainnya menuduh bahwa dia menyelundupkan minyak mentah dari ladang minyak Apsara negara itu, setelah KrisEnergy yang diperdagangkan di Singapura bangkrut setelah hanya enam bulan beroperasi.

World Tankers Management, yang mengoperasikan kapal tersebut, mengeluarkan pernyataan pada hari Senin atas nama dirinya sendiri dan pemilik yang mengatakan bahwa anggota kru telah “diinterogasi” oleh pihak berwenang Indonesia.

Sistem Informasi Pengiriman Global Terintegrasi Organisasi Maritim Internasional mencantumkan pemilik kapal sebagai Perusahaan Pengiriman Strovolos yang terdaftar di Liberia.

World Tankers percaya bahwa setelah gagal menyelesaikan masalah dengan Chris Energy, Kamboja menggunakan permintaan bantuan ke Indonesia “untuk memaksa pemiliknya menerima klaim mereka tanpa bukti atau pembayaran,” menurut pernyataan itu.

Dia menggambarkan langkah itu sebagai “taktik yang tidak menyenangkan dan tidak etis” yang melanggar hak asasi manusia para kru dan mengatakan dia memiliki “keprihatinan besar” bahwa tidak akan ada prosedur yang layak dan pantas jika para kru diekstradisi ke Kamboja.

Sebuah pernyataan dari World Tankers mengatakan bahwa Polisi Maritim Indonesia naik ke kapal pada Sabtu dini hari dan membawa awak 13 orang India, tiga orang Bangladesh dan tiga orang Myanmar ke darat untuk diinterogasi. Tidak disebutkan apakah kapten, yang berkebangsaan Bangladesh, termasuk di antara mereka.

READ  Utusan Khusus Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara akan bertemu besok dengan 8 partai politik dari Myanmar di Naypyidaw

Pendakian itu terjadi setelah pemerintah Kamboja melakukan intervensi, menurut pernyataan itu, yang mengatakan bahwa pihak berwenang Indonesia telah “menginterogasi anggota kru secara bergiliran di pantai.” Dia menggambarkan para pelaut sebagai “korban tidak bersalah” dari “perilaku melanggar hukum” oleh pemerintah Kamboja.

Seorang juru bicara Angkatan Laut Indonesia mengatakan dalam sebuah pernyataan kepada Nikkei Asia bahwa Angkatan Laut berpartisipasi dalam interogasi para awak. Dia menambahkan, penyitaan awal kapal Indonesia itu bukan atas permintaan Kamboja, melainkan untuk berlabuh di perairan negara itu tanpa izin. Pernyataan itu mengatakan “prosedur hukum” sedang berlangsung.

KrisEnergy, yang telah menandatangani perjanjian produksi dengan otoritas Kamboja yang memberikan pemerintah 5% saham dalam proyek tersebut, saat ini berada di tangan penerima yang ditunjuk pengadilan.

Pernyataan dari World Tankers mengatakan pertanyaan tentang siapa yang memiliki minyak belum diselesaikan, tetapi menuduh Kamboja melakukan pencurian “tidak berdasar.” Pernyataan itu mengatakan bahwa Chris Energy telah memberi tahu pemilik kapal tanker bahwa mereka keberatan dengan pengiriman minyak ke Kamboja “karena itu akan mengganggu hak kepemilikannya.”

Pernyataan itu mengatakan kapal itu tidak punya pilihan selain meninggalkan ladang minyak Apsara di Teluk Thailand ketika Chris Energy ambruk dan tidak bisa lagi memasok kapal tanker itu.

“Pencarteran dihentikan karena penyewa melanggar kewajiban utama. Secara hukum, kapal tidak wajib kembali ke Apsara,” katanya. “Tidak ada niat atau saran untuk melakukan apa pun dengan minyak di atas kapal selain menurunkannya setelah kepemilikan ditetapkan, dan kesepakatan dicapai tentang pembayaran uang yang terutang kepada mereka kepada pemilik.”

Pernyataan dari World Tankers menambahkan bahwa pemerintah Kamboja tidak memberikan bukti apa pun kepada pemilik kapal untuk mendukung klaimnya bahwa ada kargo di dalamnya.

READ  Bestes Autoscheiben Reiniger Innen Getestet und qualifiziert

KrisEnergy dan Kementerian Pertambangan dan Energi Kamboja tidak segera menanggapi permintaan komentar dari Nikkei.

Pelaporan tambahan oleh Asami Damayaanti di Jakarta.

We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply

MEDIABOGOR.COM AMAZON, DAS AMAZON-LOGO, AMAZONSUPPLY UND DAS AMAZONSUPPLY-LOGO SIND MARKEN VON AMAZON.COM, INC. ODER SEINE MITGLIEDER. Als AMAZON ASSOCIATE VERDIENEN WIR VERBUNDENE KOMMISSIONEN FÜR FÖRDERBARE KÄUFE. DANKE, AMAZON, DASS SIE UNS UNTERSTÜTZT HABEN, UNSERE WEBSITE-GEBÜHREN ZU ZAHLEN! ALLE PRODUKTBILDER SIND EIGENTUM VON AMAZON.COM UND SEINEN VERKÄUFERN.
Media Bogor