Indonesia Latih 9.300 Tenaga Kerja untuk Pembangunan Infrastruktur Ibu Kota Baru

Indonesia Latih 9.300 Tenaga Kerja untuk Pembangunan Infrastruktur Ibu Kota Baru

TEMPO.CO, Sepaku – Otoritas Ibu Kota Baru Nusantara atau IKN Nusantara akan melakukan pelatihan selama enam hari kepada 1.535 orang dari total 9.300 calon tenaga kerja untuk dilibatkan dalam pembangunan infrastruktur tahap pertama di ibu kota baru Indonesia.

“Total calon tenaga kerja yang akan dilatih untuk IKN pembangunan infrastruktur sebanyak 9.300 orang,” kata perwakilan otoritas IKN Dhony Rahajoe saat membuka Pelatihan Tenaga Kerja Konstruksi dan Sertifikasi Persiapan Pembangunan Infrastruktur IKN di Sepaku, Sabtu, 27 Agustus.

Dikatakannya, pengembangan IKN bertujuan untuk mewujudkan dan melanjutkan gagasan Presiden Indonesia, Bung Karno, untuk memindahkan ibu kota.

Mengutip Presiden Joko Widodo, Dhony mengatakan, setidaknya ada tiga tujuan pembangunan ibu kota di Kaltim. Yang pertama adalah menjunjung tinggi identitas kebhinekaan bangsa.

Provinsi Kaltim, lanjutnya, selalu menjadi wilayah yang aman meski penduduknya beragam agama dan suku. Orang-orang dari semua agama hadir di sini, serta kelompok etnis, seperti Jawa, Bugis, Banjar, Kutai, Dayak, dan banyak suku.

Kedua, IKN akan dibangun sebagai kota yang cerdas dan berkelanjutan. Pembangunan tidak hanya untuk manusia tetapi juga untuk alam, artinya flora dan fauna, atau makhluk lainnya, tetap menjadi perhatian untuk harmoni dalam keseimbangan alam.

“Terakhir, IKN yang akan dibangun di Kalimantan akan menjadi pusat ekonomi baru, sehingga pusat ekonomi tidak hanya di Jakarta tetapi juga akan tumbuh di IKN, dan pada akhirnya kita dapat menikmati manfaatnya bersama-sama,” kata Dhoni.

Sementara itu, Direktur Kompetensi dan Produktivitas Konstruksi yang juga Ketua Penyelenggara Diklat, Dedy Natrifahrizal mengatakan pihaknya menargetkan pelatihan sebanyak 9.300 orang selesai pada Desember 2022.

Untuk tahap pertama akan dilatih sebanyak 1.535 orang, sedangkan sebanyak 9.300 orang akan dilatih dalam lima tahap mulai hari ini. [in] tahap pertama, dilanjutkan tahap berikutnya, hingga tahap lima yang dijadwalkan berakhir Desember mendatang,” katanya.

READ  Pertamina berhasil memadamkan api di Kilang Cilacap

Pada tahap pertama, dari 1.535 peserta, 817 orang berasal dari Kaltim sebagai peserta pelatihan konstruksi dan sertifikasi, selanjutnya 718 peserta sisanya akan mengikuti pelatihan pemodelan infrastruktur bangunan dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia.

Antara

Klik di sini untuk mendapatkan update berita terbaru dari Tempo di Google News

We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply

MEDIABOGOR.COM AMAZON, DAS AMAZON-LOGO, AMAZONSUPPLY UND DAS AMAZONSUPPLY-LOGO SIND MARKEN VON AMAZON.COM, INC. ODER SEINE MITGLIEDER. Als AMAZON ASSOCIATE VERDIENEN WIR VERBUNDENE KOMMISSIONEN FÜR FÖRDERBARE KÄUFE. DANKE, AMAZON, DASS SIE UNS UNTERSTÜTZT HABEN, UNSERE WEBSITE-GEBÜHREN ZU ZAHLEN! ALLE PRODUKTBILDER SIND EIGENTUM VON AMAZON.COM UND SEINEN VERKÄUFERN.
Media Bogor