Indonesia menjadi negara dengan pengelolaan satelit terbesar di dunia

Indonesia menjadi negara dengan pengelolaan satelit terbesar di dunia

Lebih dari 100 ribu sekolah akan diberikan akses internet langsung melalui satelit yang dibiayai oleh pemerintah, dan ini gratis digunakan untuk meningkatkan pendidikan di seluruh Indonesia

Batam, Kepulauan Riau (ANTARA) – Kementerian Komunikasi dan Informatika mendorong upaya menjadikan Indonesia sebagai salah satu negara dengan pengelolaan satelit terbesar dibandingkan beberapa negara dengan disposisi global serupa.

“Saat ini, kami akan menjadi operator satelit terbesar di antara sedikit negara di dunia. Tahun depan, dua unit satelit akan diluncurkan, High Throughput Satellites (satelit komunikasi yang memberikan transfer data lebih tinggi), dengan kapasitas 2×150 gigabit per detik, untuk mendukung kebutuhan satelit di Indonesia,” kata Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate saat kunjungan ke Batam, Provinsi Kepulauan Riau, pada Jumat, 14 Oktober.

Kedua satelit tersebut akan diluncurkan dalam rangka mendukung kemajuan transformasi digital di Indonesia, menurut Plate.

Berita Terkait: Kemenperin siapkan teknologi, regulasi untuk mendukung One Data Indonesia

Sebagai perbandingan, Indonesia saat ini hanya menggunakan delapan satelit, dengan total kapasitas hanya 50 gigabit per detik, untuk mendukung kebutuhan telekomunikasi dan digital nasional secara keseluruhan, ujarnya.

“Tahun depan yang diluncurkan (kapasitas totalnya) 300 gigabit per detik, enam delapan kali lipat dari kapasitas saat ini. Ini untuk mengaktifkan akses internet publik di Indonesia yang jumlahnya ratusan ribu,” jelasnya.

Menkeu mencatat, Indonesia saat ini baru memiliki 500 ribu titik layanan publik dan menekankan perlunya penyediaan akses internet untuk sekitar 150 ribu titik layanan publik.

Selain itu, peningkatan akses internet ditujukan untuk mendukung fasilitas layanan pendidikan dan kesehatan.

Berita Terkait: Kementerian dorong pertumbuhan ekonomi digital melalui HUB.ID Accelerator

“Lebih dari 100 ribu sekolah akan diberikan akses internet langsung melalui satelit yang dibiayai oleh pemerintah, dan ini gratis digunakan untuk meningkatkan pendidikan di seluruh Indonesia. Akses internet untuk fasilitas kesehatan di seluruh wilayah di Indonesia juga akan ditingkatkan,” ujarnya.

READ  5 Fakta Hujan Meteor Leonid yang Muncul Sepanjang November

Selain satelit, Menkeu mencatat melalui transformasi digital ini, pemerintah juga telah berkontribusi dalam membangun konektivitas jaringan infrastruktur digital ekstrem ke seluruh pelosok tanah air.

“Kami akan menghubungkan titik-titik fiber optik di seluruh Indonesia yang belum terkoneksi. Saat ini fiber optik yang terpasang sepanjang 460 ribu kilometer di darat dan di laut. Itu lebih dari 11 kali panjang dunia,” kata Plate.

Berita Terkait: Semua pihak harus menjaga keamanan siber: Minister Plate

Berita Terkait: Manfaatkan sebagian besar ruang digital untuk meningkatkan demokrasi: Minister Plate

We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply

MEDIABOGOR.COM AMAZON, DAS AMAZON-LOGO, AMAZONSUPPLY UND DAS AMAZONSUPPLY-LOGO SIND MARKEN VON AMAZON.COM, INC. ODER SEINE MITGLIEDER. Als AMAZON ASSOCIATE VERDIENEN WIR VERBUNDENE KOMMISSIONEN FÜR FÖRDERBARE KÄUFE. DANKE, AMAZON, DASS SIE UNS UNTERSTÜTZT HABEN, UNSERE WEBSITE-GEBÜHREN ZU ZAHLEN! ALLE PRODUKTBILDER SIND EIGENTUM VON AMAZON.COM UND SEINEN VERKÄUFERN.
Media Bogor