Indonesia: Pencegahan harus menjadi komponen utama kampanye antikorupsi, kata Jokowi

Indonesia: Pencegahan harus menjadi komponen utama kampanye antikorupsi, kata Jokowi

JAKARTA, 10 Des (Jakafta Post/ANN): Presiden Joko “Jokowi” Widodo mengatakan “langkah-langkah luar biasa” diperlukan untuk mengatasi masalah korupsi yang sudah berlangsung lama di Indonesia, menyerukan lembaga penegak hukum untuk memprioritaskan tindakan pencegahan sebagai langkah untuk mengatasi “pentingnya”. “. Dalam kampanye negara melawan korupsi.

Dalam sambutannya untuk memperingati Hari Antikorupsi Internasional pada Kamis (9 Desember), Jokowi mengatakan taktik antikorupsi harus terus ditingkatkan, menyerukan lembaga penegak hukum untuk menjauh dari penangkapan massal dan operasi yang kejam, daripada yang kurang. Kampanye disrupsi tentang langkah-langkah pencegahan korupsi.

Pemberantasan korupsi harus mengatasi akar penyebab masalah. Pencegahan adalah metode yang lebih mendasar,” katanya, seraya menambahkan bahwa penanaman budaya antikorupsi di tingkat nasional sangat penting dalam memerangi korupsi.

Jokowi menambahkan bahwa penerapan sistem antikorupsi yang baik akan sangat membantu negara meningkatkan daya saing ekonominya, membuat Indonesia lebih menarik untuk investasi, sehingga menciptakan lebih banyak lapangan kerja.

Upaya penegakan juga penting dan harus dilaksanakan secara tegas dan tanpa diskriminasi. Hal ini tidak hanya akan memberikan efek jera, kata dia, tetapi juga penting untuk mengimbangi kerugian negara.

Presiden juga mendorong Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan Kejaksaan menggunakan dakwaan pencucian uang untuk menjerat tersangka korupsi guna memaksimalkan pemulihan aset negara.

Dia mengatakan pemerintah mendukung pengesahan RUU tentang pemulihan aset, menambahkan bahwa dia berharap proses pembahasan undang-undang tersebut akan selesai pada tahun depan.

Namun, RUU tersebut tidak masuk dalam daftar prioritas Program Legislasi Nasional (Prolegnas) DPR tahun 2022 yang disahkan DPR pada Rabu, tetapi masih masuk dalam Prolegnas jangka panjang 2020-2024.

Senada dengan Presiden, Ketua KPK Ferli Bahuri mengatakan menumbuhkan budaya antikorupsi di kalangan masyarakat, bersama dengan fokus baru pada kampanye antikorupsi, akan menjadi salah satu prioritas utama KPK ke depan.

READ  Kementerian mencantumkan empat kunci untuk mempromosikan bisnis inklusif

Fairley mengatakan KPK telah mengirimkan surat edaran kepada para kepala daerah, meminta mereka untuk menyusun peraturan daerah yang mendukung pasal-pasal antikorupsi untuk dimasukkan ke sekolah dan lembaga pendidikan tinggi di daerah mereka.

“Sebanyak 353 gubernur, wali amanat, dan walikota telah mengeluarkan peraturan mereka sendiri sebagai tanggapan atas surat edaran tersebut.

“Kami ingin membangun budaya antikorupsi, dan itulah tujuan akhir kami,” kata Fairley.

“Penegakan itu penting dan kita harus mematuhinya dan pencegahan (tindakan) juga penting, (tetapi) memelihara budaya antikorupsi sangat penting.”

Ia menambahkan, fokus KPK berawal dari fakta bahwa meski telah melakukan segala upaya di bidang pencegahan dan penindakan, korupsi masih tetap ada, dan kewenangan terus melakukan penangkapan terhadap tersangka tindak pidana korupsi.

Fairley mencatat KPK menangkap 1.291 tersangka korupsi dan pada 2021 menangkap lebih dari 100 orang.

Peneliti Pusat Kajian Antikorupsi Universitas Gadja Mada, Zinur Rochman, mengatakan pemerintah bisa melakukan lebih dari sekadar mengandalkan sektor pendidikan untuk upaya pencegahan korupsi.

Zinour mengatakan pemerintah dapat memperbaiki sistem pengadaannya untuk mengisi celah praktik korupsi.

Dia juga mengatakan, pengesahan undang-undang pemulihan aset akan meningkatkan upaya pencegahan korupsi, terutama jika RUU itu mencakup ketentuan yang mengkriminalisasi pengayaan gelap pejabat negara.

Sebagian besar upaya untuk mencegah korupsi berada dalam lingkup pemerintah. Jika sistem yang ada saat ini tidak efektif, itu menandakan pemerintah belum berhasil melaksanakan reformasi birokrasi,” kata Zenor. – The Jakarta Post/ANN

We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply

MEDIABOGOR.COM AMAZON, DAS AMAZON-LOGO, AMAZONSUPPLY UND DAS AMAZONSUPPLY-LOGO SIND MARKEN VON AMAZON.COM, INC. ODER SEINE MITGLIEDER. Als AMAZON ASSOCIATE VERDIENEN WIR VERBUNDENE KOMMISSIONEN FÜR FÖRDERBARE KÄUFE. DANKE, AMAZON, DASS SIE UNS UNTERSTÜTZT HABEN, UNSERE WEBSITE-GEBÜHREN ZU ZAHLEN! ALLE PRODUKTBILDER SIND EIGENTUM VON AMAZON.COM UND SEINEN VERKÄUFERN.
Media Bogor