Mediabogor, Bandung – Sejak diintruksikan kembali oleh Jenderal TNI Gatot Nurmantyo, hampir dibeberapa daerah langsung mengadakan nonton bareng (nobar) film G30S/PKI. Termasuk siswa SMP, SMA dan SMK Yayasan Kartika Jaya Cabang XIX Siliwang, yangi ramai-ramai ke acara nobar film G30S/PKI. Acara ini pun difasilitasi oleh Kodam III/Silwangi

Nobar pemutaran film pengkhianatan G30S/PKI ini berlangsung di Graha Manggala Siliwangi, Jalan Aceh, Kota Bandung, Sabtu (23/9/2017). Para pelajar yang mengenakan seragam sekolah itu terlihat antusias saat film jadul tersebut diputar.

Salah seorang pelajar, Nova (16), mengaku sudah sering menonton film tersebut. “Sejak zaman SD kan suka nonton (film G30S/PKI), dan itu sampai sekarang. Buat saya seru saja walau pun filmnya sama,” ucap Nova usai nobar.

Dia berharap acara seperti ini terus digelar tiap tahun untuk mengingatkan akan sejarah yang pernah dialami bangsa Indonesia. “Tapi lebih bagus kalau filmnya dibikin versi baru. Biar lebih berwarna dan enggak bosan nantinya,” tutur Nova.

Pelajar lainnya, Agung (15), mengungkapkan gambaran film tersebut yang sudah melalui proses edit. “Film sekarang kebanyakan dipotongnya. Kalau yang asli kan lebih panjang dan seru. Kalau sekarang sebentar dan adegan yang serunya banyak dipotong,” ujar Agung.

Pantauan detikcom, film tersebut banyak yang mengalami sensor terutama saat adegan kekerasan dan berdarah. Bahkan dari film yang semula berdurasi sekitar empat jam, kali ini hanya ditayangkan dalam durasi sekitar satu jam.

 

 

(sumber:detik.com)