Isolasi Mandiri karena Covid-19, Ini 2 Cara Deteksi Dini Happy Hypoxia

kompas.com

Ilustrasi pengecekan oksimetri.

IDEAOnline-Pleased hypoxia syndrome menjadi kekhawatiran baru terhadap kondisi para pasien Covid-19 tanpa gejala.

Kasus di beberapa daerah menunjukkan, orang tanpa gejala atau mengalami gejala ringan Covid-19 mengalami pleased hypoxia yang ditandai dengan saturasi oksigen dalam darah yang tiba-tiba menurun hingga berakibat deadly.

Mereka yang positif Covid-19 tanpa gejala atau hanya mengalami gejala ringan biasanya akan diminta melakukan isolasi mandiri dengan pemantauan petugas kesehatan.

Ahli Patologi Klinis yang juga Direktur dan Juru Bicara Satgas Covid-19 RS UNS, Surakarta, Jawa Tengah, Tonang Dwi Ardyanto, mengatakan, menemukan penyebab munculnya happy hypoxia menjadi pekerjaan rumah baru yang harus ditemukan jawabannya.

Tonang mengatakan, penderita sindrom itu tidak menunjukkan gejala umum yang dialami oleh orang yang mengalami kekurangan oksigen. Sebaliknya, mereka justru tampak sehat dan baik-baik saja.

Bagi mereka yang menjalani isolasi mandiri diimbau untuk mewaspadai kondisi ini karena tidak mendapat pengawasan 24 jam dari tenaga kesehatan.

Apa yang bisa dilakukan untuk mendeteksi dini happy hypoxia?

Tonang mengatakan, untuk mengantisipasi dan mendeteksi dini happy hypoxia syndrome, ada dua cara yang bisa dilakukan, yaitu: Tarik napas dalam-dalam 2-3 kali.

Bila timbul rangsangan batuk, waspadai risiko hipoksia. Menggunakan alat Pulse Oxymetri di ujung jari, untuk mengukur saturasi oksigen.

“Keduanya dilakukan berkala, minimum pagi-siang-sore-malam,” kata Tonang.

Baca Juga: Happy Hipoxia Bisa Sebabkan Pasien Covid-19 Meninggal Mendadak Tanpa Gejala, Bisa Dicegah dengan Pemeriksaan Mandiri di Rumah, Ini Caranya!


Video Pilihan


PROMOTED Articles

More from Shakeel Mohiuddin

Chadwick Boseman Meninggal karena Kanker Usus, Bagaimana Mencegahnya? Halaman all

KOMPAS.comĀ – Aktor Hollywood, Chadwick Boseman, dikabarkan meninggal dunia pada Sabtu (29/8/2020) waktu...
Read More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *