Jack Ma, tokoh idola yang nasibnya kini terancam


Jakarta

Di Cina dan mungkin di luar negeri, Jack Ma Bahkan sekarang, bisa dikatakan sebagai panutan dan identik dengan kesuksesan. Dari keluarga miskin, mantan guru bahasa Inggris ini berhasil membangun Ali Baba Untuk menjadi raksasa e-commerce, lalu berhasil memanfaatkannya Semut keuangan kaus kaki.

Ma lahir di Hangzhou, Provinsi Zhejiang, China, pada 10 September 1964, atau 56 tahun lalu. Dia memiliki seorang kakak laki-laki dan seorang adik perempuan. Ma dibesarkan selama isolasi di China karena komunisme dan keluarganya tidak punya banyak uang.

Sejak kecil, saya menyukai apa yang saya pelajari. Dia memiliki minat yang besar pada bahasa Inggris. Pada usia 12 tahun, ia selalu bangun pagi pada pukul lima pagi untuk pergi ke hotel agar ia dapat berlatih berbicara bahasa Inggris dengan orang asing.

Dia terus melakukan ini selama 9 tahun dan akhirnya menjadi pemandu wisata bagi wisatawan. Dia berteman dengan banyak orang asing dan bahkan mengunjungi keluarga di Australia. Nama Jack sendiri merupakan julukan baginya dari seorang turis.

Dia juga mencetak banyak kegagalan saat tumbuh dewasa, dan ditolak dari perguruan tinggi sampai dia tidak bisa mendapatkan pekerjaan. Singkat cerita dengan bantuan beberapa temannya, Jack Ma Ia sukses mendirikan Alibaba dan menjadi sosok yang inspiratif. Namun belakangan ini, sentimen publik di Tiongkok mulai berubah sebagian.

Ada netizen yang menggambarkan mereka sebagai kapitalis yang jahat atau tamak. Asumsi tersebut tidak lepas dari terus membidik bisnis yang dikuasai Jack Ma oleh pemerintah China yang tidak begitu besar.

Seperti diberitakan, penawaran umum perdana (IPO) Ant Financial Group yang diharapkan memecahkan rekor terbesar, dibatalkan karena campur tangan pemerintah China. Kemudian, tak lama kemudian, Alibaba resmi diselidiki pihak berwenang atas dugaan keterlibatan mereka dalam praktik monopoli.

READ  Survei BI menunjukkan bahwa tekanan kenaikan harga jual meningkat pada kuartal ketiga tahun 2020

Keseriusan masalah ini dapat dilihat melalui laporan bahwa Jack Ma dipanggil untuk menghadap regulator keuangan dan kemudian disarankan untuk tidak bepergian ke luar China terlebih dahulu. Jack Ma Dia juga dilaporkan menawarkan sebagian kepemilikan Ant kepada pemerintah China, tetapi tampaknya ditolak.

Halaman selanjutnya: Prediksi Jack Ma saat ini


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *