Jakarta Finalisasi Konsep Tanggul Laut Raksasa untuk Atasi Banjir Pasang

Jakarta Finalisasi Konsep Tanggul Laut Raksasa untuk Atasi Banjir Pasang

TEMPO.CO, JakartaPenjabat Gubernur Jakarta Heru Budi Hartono mengatakan, pemerintah masih mematangkan konsep a tembok laut raksasa yang diharapkan dapat menjadi solusi untuk mengatasi banjir rob di sepanjang pesisir Jakarta Utara.

“Kalau kita ingin Jakarta aman [from tidal flooding] Selama 100 tahun, kita harus bisa membangun tanggul laut raksasa dan tanggul pantai,” kata Heru Budi di Balai Kota, Jakarta Pusat, Selasa, 3 Januari 2023.

Dia menjelaskan, Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional atau Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) sedang menyelesaikan konsep proyek tersebut. “Setelah ini [leaders’ meeting]kita akan ke Bappenas untuk FGD (focus group discussion) dengan kementerian terkait,” kata Budi yang juga Kepala Sekretariat Presiden ini.

Kementerian yang dimaksud adalah Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) dan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Heru Budi hari ini menggelar rapat pimpinan proyek tanggul sebagai bagian dari program National Capital Integrated Coastal Development (NCICD) untuk mempertajam konsep pembangunan bendungan yang akan bersinergi dengan provinsi lain dan pemerintah pusat.

Menurutnya, pemkot dan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bertanggung jawab atas pembangunan tanggul pantai tersebut. Sedangkan pembangunan tanggul laut raksasa harus disesuaikan dengan konsep tata ruang provinsi di luar Jakarta.

Sebelumnya, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta pada Minggu, 1 Januari 2023 mengeluarkan peringatan dini potensi banjir rob pada 3-10 Januari 2023 di kawasan pesisir utara Jakarta.

Mutia Yuantisya

Klik disini untuk mendapatkan update berita terbaru dari Tempo di Google News

READ  Menemukan tanda-tanda kehidupan, Venus telah menjadi perburuan para peneliti

We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply

MEDIABOGOR.COM AMAZON, DAS AMAZON-LOGO, AMAZONSUPPLY UND DAS AMAZONSUPPLY-LOGO SIND MARKEN VON AMAZON.COM, INC. ODER SEINE MITGLIEDER. Als AMAZON ASSOCIATE VERDIENEN WIR VERBUNDENE KOMMISSIONEN FÜR FÖRDERBARE KÄUFE. DANKE, AMAZON, DASS SIE UNS UNTERSTÜTZT HABEN, UNSERE WEBSITE-GEBÜHREN ZU ZAHLEN! ALLE PRODUKTBILDER SIND EIGENTUM VON AMAZON.COM UND SEINEN VERKÄUFERN.
Media Bogor